Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 9 November 2019 | 00:05 WIB

Sperma yang Sehat Rasanya Manis? Ini Kata Pakar

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • CCRM
Ilustrasi sperma.

VIVA – Cairan sperma menjadi salah satu hal yang cenderung memicu rasa penasaran. Tak sedikit yang mengatakan bahwa sperma memiliki rasa yang manis, tetapi beberapa juga mengaku rasa sperma bergantung pada apa yang dikonsumsi.

Cairan sperma biasanya tak sengaja 'dicicipi' saat tengah melakukan seks oral. Beberapa wanita bilang, rasanya cenderung manis dan hangat. Bahkan yang lainnya mengaku merasakan rasa yang tak jauh berbeda dari minuman dan makanan, seperti kopi, buah nanas atau tomat.

Baca Juga

Lantas, seperti apa, sih rasa sperma? Benarkah rasa sperma menentukan kadar kesehatan seseorang?

Dikutip dari laman Cosmopolitan, Jumat, 8 November 2019, dokter umum dr Shirin Larkhani menjelaskan rasa sperma tiap orang akan berbeda. Namun, akan ada rasa yang khas pada sperma yang cenderung sehat.

Terpopuler

"Beberapa cairan bercampur dengan sperma untuk membentuk semen, di mana masing-masing cairan memengaruhi rasanya," ujarnya.

Menurutnya, sperma yang sehat akan terasa sedikit seperti rasa jamur. Hal ini disebabkan cairan sperma yang keluar melewati jalur di mana antioksidan yang dikembangkan di dalam jamur diproduksi.

"Sperma melewati vas deferens dan ampulla, di mana antioksidan berkembang di dalam jamur dan diproduksi di sana. Ini memungkinkan cairan semen memiliki sedikit rasa jamur," katanya.

Di ampula tersebut, juga biasanya ditambahkan cairan fruktosa. Cairan tersebut merupakan salah satu jenis gula. Tak heran, sperma memang memiliki rasa yang manis.

"Fruktosa membuat rasanya manis. Saat ejakulasi, cairan dari kelenjar prostat dan seminal vesikel juga membuat rasa dan aromanya seperti alkalin," jelasnya.

Ia pun menambahkan bahwa sperma yang sehat biasanya berwarna putih berawan atau abu-abu atau kadang sedikit kuning. Teksturnya sendiri sedikit lebih kental dari air, mirip tekstur jeli.

"Beberapa makanan dengan rasa yang kuat seperti kembang kol, brokoli, bawang putih dan kafein bisa memengaruhi rasa dan aromanya menjadi kurang sedap. Sementara, buah nanas, jeruk, dan buah manis lainnya membuat rasa sperma cenderung lebih manis," kata dia.

Nah, jika aroma sperma cenderung bau amis dan rasanya tak menyegarkan, bisa menjadi tanda sperma tidak sehat. Bisa saja itu menjadi ciri dari tubuh yang memiliki infeksi dan sebaiknya segera diperiksa ke dokter.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Disertasi Seks Halal, Kontool & Pangdam Papua Dicopot
BERITA - 2 bulan lalu