Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 14 November 2019 | 07:20 WIB

Penderita Diabetes Bisa Tetap Makan Enak dan Ngemil

Team VIVA »
Lutfi Dwi Puji Astuti
Sumiyati
Foto :
  • Pixabay/TesaPhotography
Ilustrasi diabetes/gula darah.

VIVA – Di momen Hari Diabetes Sedunia, yuk mulai jalani hidup sehat! Banyak yang mengira, jika seseorang sudah didiagnosis menderita diabetes, maka hidupnya akan tersiksa. Dalam arti, tidak bisa makan enak lagi apalagi untuk ngemil. Padahal tidak demikian, kuncinya hanya satu yaitu menjalani gaya hidup sehat.

Diabetesi, sebutan untuk penyandang diabetes, tetap bisa beraktivitas seperti orang biasa asal mengikuti aturan yang dianjurkan, yaitu konsumsi makanan sehat dan tetap melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga

Baca Juga: Seniman Jogja: Djaduk Ferianto Orang yang Keras Tapi Pedulinya Besar

"Jangan berpikir gak boleh makan nasi, gula dan makanan enak, asal diatur. Makan, pagi, siang, dan malam tetap, bahkan tetap mengonsumsi snack," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), di KalCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu 13 November 2019.

Terpopuler

Lebih lanjut Dr. Fia menjelaskan, jumlahnya makanan juga harus sesuai. Jika berat badan normal artinya makanan yang kamu konsumsi takarannya sudah pas. Kalau masih obesitas, berarti takarannya kelebihan. Sedangkan jika kamu kurus, artinya porsi makananmu masih kurang.

"Jenis makanan harus diatur terutama karbohidrat, seperti nasi, tepung, kentang, oatmeal, gandum, pilihlah yang sehat. Misal, kalau konsumsi nasi putih campur dengan nasi merah, atau nasi putih dicampur agar-agar tapi pilih yang plain," kata dia.

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi roti, pilihlah roti gandum utuh. Kalau kamu pilih kentang harus dikonsumsi dengan kulitnya, cukup cuci yang bersih dan dikukus. Atau kamu bisa memilih oatmeal yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga bagus untuk penderita diabetes.

"Penderita diabetes harus balance. Setiap makanan harus teratur, tetap ada karbo kita butuh, tapi karbo yg kita sebut karbohidrat kompleks atau yang indeks glikemiknya rendah. Tujuannya supaya kadar gula darah tidak naik-turun seenaknya. Perbanyak sayur dan buah juga," ujar Fia.

Kabar baiknya, diabetesi tetap bisa mengemil atau makan snack, yaitu di antara waktu makan, dengan catatan tidak boleh snack yang manis. Beberapa snack yang baik dikonsumsi penderita diabetes di antaranya, kacang rebus, edamame, buah potong (jangan dijus karena seratnya akan hilang) dan salad. Yuk mulai hidup sehat di momen Hari Diabetest Sedunia!

Topik Terkait
Saksikan Juga
6 Aktivitas Ini Perbesar Risiko Diabetes
LIFESTYLE - lewat 2 tahun lalu