Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Senin, 18 November 2019 | 16:28 WIB

Gak Semua Obat Herbal Baik untuk Kanker, Beberapa Hambat Kesembuhan

Foto :
  • bbc
Kapsul-kapsul herbal yang mengandung ekstrak bawang putih dan jahe bisa menghambat penyembuhan luka pada bagian kulit, ketika kanker payudara menyebar. - Getty Images

Sejumlah pakar mengungkapkan, obat-obatan herbal yang mengandung ekstrak bawang putih dan jahe bisa menghambat penyembuhan luka pada bagian kulit ketika kanker payudara menyebar.

Oleh karena itu dalam sebuah pertemuan yang membahas soal kanker, para pasien kanker disarankan untuk memberi tahu dokter mereka jika akan menggunakan produk herbal karena ada beberapa bahan yang bisa menghambat proses pengobatan.

Baca Juga

Seorang ahli bedah, Profesor Maria Joao Cardoso, mengatakan sampai saat ini ia tidak melihat bukti bahwa obat-obatan herbal ataupun krim berhasil menyembuhkan.

Jika merasa ragu-ragu, menurutnya, lebih baik tidak usah mengonsumsinya.

"Dokter harus lebih proaktif bertanya kepada para pasien mereka, obat-obatan apa lagi yang mereka konsumsi selain pengobatan medis untuk kanker," Profesor Cardoso, kepala ahli bedah payudara di Champalimaud Cancer Centre di Lisbon, Portugal, mengatakan kepada BBC.

Ia mengatakan, para pasien kanker harus mengonsultasikan dengan dokter mereka terlebih dahulu, sebelum mencoba terapi alternatif untuk kanker yang telah menyebar ke kulit.

Ini terjadi pada satu dari lima kasus kanker payudara.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Cerita Jokowi Ibunda Sudjiatmi Notomihardjo Lawan Kanker
BERITA - 5 bulan lalu
Terpopuler