Lebih Sehat Toilet Duduk atau Jongkok? Ini Penjelasan Dokter

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Toilet jongkok dan duduk merupakan dua jenis toilet yang umum digunakan di Indonesia. Namun hingga saat ini masih jadi perdebatan, mana yang lebih sehat antara toilet jongkok dan toilet duduk.

Menggunakan toilet duduk dianggap dapat menimbulkan beberapa risiko penyakit, seperti wasir dan sembelit. Selain itu, kulit yang bersentuhan langsung dengan dudukan toilet yang mengandung banyak bakteri, dinilai dapat meningkatkan risiko seseorang menderita diare hingga infeksi kulit.

Namun, penggunaan toilet jongkok juga memiliki beberapa kelemahan, terutama untuk orang yang mengalami gangguan pada pergelangan kaki, seperti penderita radang sendi, keseleo, atau patah tulang. Terkait polemik ini, Antonius Windu, Senior Brand Manager Cleaners, Unilever Indonesia, turut memberikan pendapatnya.

"Sebenarnya itu adalah masalah kebiasaan. Yang penting adalah toiletnya bersih, tidak berbau dan bebas dari kuman. Jadi masalah kebiasannya itu terserah dari masing-masing orang, tapi yang penting adalah kualitas sanitasi, kualitas kebersihan dari toilet itu sendiri," ujarnya saat peluncuran Vixal bubuk di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin 18 November 2019.

Dokter Mikrobiologi Klinis, Dr. dr. Wani Gunardi, Sp.MK(K), turut membenarkan pernyataan Pandu. Menurutnya, baik toilet duduk maupun jongkok, bukan hanya terkait dengan penyakit saja, tapi bagaimana cara menggunakan, kebiasaan, dan kebersihan dari pemakainya.

"Jadi yang dimaksud sehat (toilet) adalah kita mampu mengendalikan jumlah bakteri yang ada. Bagaimana cara kita mengendalikan, tentu dengan membersihkan secara rutin. Bukan hanya dengan pembersih, kita harus menambahkan desinfektan untuk mematikan beberapa bakteri yang mungkin berkembang terus, kalau lingkungan dalam keadaan memungkinkan untuk berkembang," ujarnya di tempat yang sama.

Menurut Pandu dan Wani, patokan toilet yang sehat, antara lain harus bersih, tidak berbau, dan bebas dari kuman. Untuk memenuhi standar tersebut, toilet harus dibersihkan secara teratur dan untuk hasil optimal, toilet harus dibersihkan setiap hari.