Jelly Gamat, Teripang Laut yang Punya Manfaat Lawan Kanker

Teripang Laut
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Indonesia terkenal dengan pengobatan secara herbal atau tradisional. Salah satu yang cukup populer adalah jelly gamat. Meski diyakini mampu atasi berbagai penyakit, namun tak banyak yang tahu kalau Jelly Gamat ternyata berasal dari hewan laut yaitu timun laut atau teripang.

Dilansir laman Healthline teripang merupakan hewan invertebrata yang dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah lautan. Umumnya hewan ini dikonsumsi, namun di negara-negara Asia dan Timur Tengah, hewan ini digunakan sebagai obat tradisional.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Jurnal US National Library of Medicine, National Institutes of Health (NCBI), teripang diketahui mengandung banyak senyawa aktif yang baik bagi kesehatan. Selain itu, teripang juga punya kandungan gizi lengkap.

Teripang diketahui memiliki kandungan Protein 86,8 persen, Kolagen 80,0 persen, Mineral, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, Gamapeptide, dan sekitar 50 jenis kandungan aktif lainnya. 

Dilansir laman Lipi, teripang disebut punya manfaat antikanker. Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Dr. Ratih Pangestuti S.Kel, M.Si, menyebut bahwa sejumlah organisme laut (termasuk teripang) bisa menjadi agen antikanker.

"Organisme laut adalah sumber senyawa bioaktif yang dapat digunakan sebagai kandidat agen antikanker," tulisnya di laman Lipi.go.id.

Diakui Ratih, saat ini LIPI mengoleksi 50 jenis teripang untuk melakukan identifikasi senyawa aktifnya dan aktivitas antikanker.

"Teripang dapat digunakan sebagai bahan antikanker untuk kanker payudara dan kanker ovarium," tulisnya.

Sementara itu, Hj. Siti Chaironi CEO dari PT. Ardisi Rasya Herbalindo, yaitu salah satu produsen Jelly Gamat Gold-G, mengatakan bahwa produknya banyak diminati di Indonesia. Tak hanya itu ia kerap mendapatkan testimoni positif.

"Ini telah terjual ke seluruh penjuru Indonesia, dan Alhamdulillah ratusan ribu orang telah merasakan keberhasilan mengatasi penyakit mereka,” ujarnya lewat rilis yang diterima VIVA Kamis 21 November 2019. 

Selain itu, produk ini punya banyak keunggulan yaitu terbuat dari spesies gamat (teripang) terpilih, dengan beberapa campuran ekstrak sarang burung walet berkualitas tinggi, protein dan kolagen sehingga juga bagus untuk kesehatan kulit.

"Tidak bau amis, rasanya gurih, lebih stabil pada suhu dingin atau panas, dan kemasan botol plastik praktis. Insya Allah cepat memberi reaksi untuk peningkatan kesehatan, pencegahan, pengobatan dan rehabilitasi pasca sakit."

Selain itu ia menambahkan bahwa produknya telah mengantongi sertifikat Halal, BPOM, melalui Uji Lab dan GMP sehingga layak untuk dikonsumsi.

"Terbuat dari ekstrak Teripang Emas (Stichopus variegatus) yang memiliki kandungan nutrisi paling lengkap dari semua jenis teripang di dunia. Produk ini telah terjual jutaan botol ke seluruh penjuru Indonesia."