Mengenal Tumor Otak, Perenggut Nyawa Vokalis Roxette

Vokalis wanita Roxette, Marie Fredriksson.
Sumber :
  • Dokumentasi Big Daddy

VIVA – Kabar duka datang dari Swedia. Vokalis wanita band era 80-an, Roxette, yakni Marie Fredriksson meninggal dunia usai mengalami sakit.

Dilansir dari Mirror, Selasa 10 Desember 2019, pada 2002 Marie didiagnosa menderita tumor otak. Sejak saat itu, ia terus mengikuti proses pengobatan. Apa itu tumor otak?

Dilansir dari laman Healthline, terdapat banyak jenis tumor otak, beberapa bersifat kanker (ganas) dan beberapa bersifat non-kanker (jinak).

Beberapa tumor ganas bermula di otak (disebut kanker otak primer). Kadang-kadang, kanker menyebar dari bagian lain tubuh ke otak, yang mengakibatkan tumor otak sekunder.

Ada banyak gejala potensial tumor otak, tetapi satu orang tidak mungkin memiliki semuanya.  Juga, gejalanya bervariasi tergantung pada di mana tumor tumbuh di otak dan seberapa besar itu.

Lalu, seperti apa tanda dan gejala umum dari tumor otak? Gejala tumor otak bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan lokasi tepat di otak.  Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala umum.

1. Perubahan sakit kepala

Sakit kepala yang memburuk adalah gejala umum, mempengaruhi sekitar 50 persen orang dengan tumor otak. Tumor di otak dapat menekan saraf sensitif dan pembuluh darah.  Ini dapat menyebabkan sakit kepala baru, atau perubahan pola sakit kepala lama Anda, seperti berikut ini:

- Kamu memiliki rasa sakit yang terus-menerus, tetapi tidak seperti migrain.

- Lebih menyakitkan ketika kamu pertama kali bangun di pagi hari.

- Sakit itu disertai dengan muntah atau gejala neurologis baru.

-Sakit itu semakin parah ketika kamu?? berolahraga, batuk, atau mengubah posisi.

- Obat-obatan penghilang rasa sakit yang dijual bebas tidak membantu meredakan sakit sama sekali.

- Jika kamu mengalami lebih banyak sakit kepala daripada sebelumnya, atau lebih buruk daripada sebelumnya, itu bukan berarti kamu memiliki tumor otak.  Orang mengalami sakit kepala karena berbagai alasan, dari melewatkan makan atau kurang tidur hingga gegar otak atau stroke.

2. Kejang

Tumor otak dapat mendorong sel-sel saraf di otak.  Ini dapat mengganggu sinyal listrik dan menyebabkan kejang. Terkadang, kejang merupakan tanda pertama tumor otak, tetapi itu bisa terjadi pada tahap apa pun. Sekitar 50 persen orang dengan tumor otak mengalami setidaknya satu kali kejang.

Kejang tidak selalu berasal dari tumor otak.  Penyebab kejang lainnya termasuk masalah neurologis, penyakit otak, dan penarikan obat.

3. Perubahan kepribadian atau perubahan suasana hati

Tumor di otak dapat mengganggu fungsi otak, memengaruhi kepribadian dan perilaku seseorang.  Tumor di otak juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang tidak dapat dijelaskan. Sebagai contoh:

- Kamu mudah bergaul, tetapi sekarang kamu lebih mudah jengkel.

- Kamu? dulunya adalah "go-getter," tetapi kamu menjadi pasif.

- Kamu santai dan bahagia satu menit dan, selanjutnya, kamu memulai pertengkaran tanpa alasan yang jelas.

- Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh tumor di: bagian tertentu dari otak besar, lobus frontal, lobus temporal. Perubahan ini dapat terjadi sejak dini, tetapi kamu juga bisa mendapatkan gejala ini dari kemoterapi dan perawatan kanker lainnya.

Perubahan kepribadian dan perubahan suasana hati juga bisa disebabkan oleh gangguan mental, penyalahgunaan zat, dan gangguan lain yang melibatkan otak.

4. Kehilangan memori dan kebingungan

Masalah memori dapat disebabkan oleh tumor di lobus frontal atau temporal. Tumor di lobus frontal atau parietal juga dapat memengaruhi penalaran dan pengambilan keputusan.  Misalnya, kamu mungkin menemukan kondisi di mana kamu akan:

- Sulit berkonsentrasi, dan kamu mudah terganggu.

- Kamu sering bingung tentang hal-hal sederhana.

- Kamu tidak dapat melakukan banyak tugas dan mengalami kesulitan merencanakan apa pun.

- Kamu memiliki masalah memori jangka pendek.

- Ini bisa terjadi dengan tumor otak pada tahap apa pun.  Ini juga bisa menjadi efek samping dari kemoterapi, radiasi, atau perawatan kanker lainnya.  Masalah-masalah ini dapat diperburuk oleh kelelahan.

Masalah kognitif ringan dapat terjadi karena berbagai alasan selain tumor otak. Ini dapat menjadi hasil dari kekurangan vitamin, obat-obatan, atau gangguan emosional.

5. Kelelahan

Kelelahan lebih dari sekadar merasa sedikit lelah sesekali.  Ini adalah beberapa tanda bahwa Anda benar-benar mengalami kelelahan:

- Kamu benar-benar kelelahan sebagian besar atau sepanjang waktu.

- Kamu merasa lemah secara keseluruhan dan anggota tubuh Anda terasa berat.

- Kamu sering tertidur di tengah hari.

- Kamu kehilangan kemampuan untuk fokus.

- Kamu mudah tersinggung 

Kelelahan bisa disebabkan oleh tumor otak kanker.  Tetapi kelelahan juga bisa menjadi efek samping dari perawatan kanker.  Kondisi lain yang menyebabkan kelelahan termasuk penyakit autoimun, kondisi neurologis, dan anemia.

6. Kelemahan dan mati rasa

Perasaan lemah dapat terjadi hanya karena tubuh kamu melawan tumor. Beberapa tumor otak menyebabkan mati rasa atau kesemutan pada tangan dan kaki.

Ini cenderung terjadi hanya pada satu sisi tubuh dan dapat mengindikasikan tumor di bagian otak tertentu. Kelemahan atau mati rasa juga bisa menjadi efek samping dari pengobatan kanker.  Kondisi lain, seperti multiple sclerosis, neuropati diabetik, dan sindrom Guillain-Barre juga dapat menyebabkan gejala-gejala ini.

Tanda dan gejala berdasarkan lokasi tumor

Beberapa gejala dapat memberikan wawasan tentang di mana tumor mungkin berada di dalam otak.

Masalah penglihatan bisa disebabkan oleh tumor yang terletak di dalam atau di sekitar: kelenjar di bawah otak, saraf optik, lobus oksipital, lobus temporal Kesulitan berbicara, membaca, dan menulis: bagian tertentu dari otak besar, bagian tertentu dari otak kecil, lobus temporal, lobus parietal.

Masalah pendengaran: dekat saraf kranial, lobus temporal

Masalah menelan:, otak kecil, di atau dekat saraf kranial

Masalah dengan gerakan di tangan, lengan, kaki, dan kaki, atau kesulitan berjalan: otak kecil,  lobus frontal

Masalah keseimbangan mungkin mengindikasikan tumor di dekat pangkal otak.

Mati rasa pada wajah, kelemahan, atau rasa sakit juga dapat terjadi dengan tumor di daerah ini.