Kenali Gejala Kanker Ginjal Seperti yang Diidap Vidi Aldiano

Vidi Aldiano
Sumber :
  • Maria Margaretha Delviera/VIVA

VIVA – Penyanyi pop Vidi Aldiano membuat pengakuan mengejutkan bahwa dirinya mengidap penyakit kanker ginjal. Hal itu diungkapkan langsung oleh Vidi beberapa saat sebelum menjalani operasi.

“Baru minggu lalu gw dapet kabar kalau gw punya cancer di ginjal gw, tepatnya di ginjal kiri gue,” ujar Vidi Aldiano, melalui tayangan video di Instagram TV miliknya.

Sedikit mengenal tentang penyakit ini, kanker ginjal merupakan penyakit di mana sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) dan tumbuh di luar kendali sehingga membentuk tumor. Hampir semua kanker ginjal pertama kali muncul di lapisan tabung kecil (tubulus) di ginjal.

Dikutip WebMD, kabar baiknya, sebagian besar kanker ginjal bisa dideteksi sebelum menyebar (bermetastasis) ke organ lain. Dan jika diketahui lebih awal, kanker ini lebih mudah diobati. Namun, tumor ini dapat tumbuh lebih cepat sebelum terdeteksi.

Sejauh ini, dokter masih belum mengetahui penyebab dari kanker ginjal. Namun, beberapa faktor dapat meningkatkan risiko penyakit ini, antara lain merokok, pria, obesitas, sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, memiliki riwayat keluarga dengan kanker ginjal, penderita hipertensi, terkena bahan kimia tertentu dan memiliki kondisi genetik tertentu.

Gejala kanker ginjal

Dalam banyak kasus, gejala awal kanker ginjal tidak terlihat. Ketika tumor sudah tumbuh lebih besar, gejala-gejala lain mungkin muncul. Penderita kanker ginjal, mungkin merasakan satu atau lebih dari beberapa gejala berikut ini.

- Darah dalam urine
- Benjolan di samping atau perut
- Kehilangan nafsu makan
- Rasa sakit di sisi yang tak kunjung hilang
- Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
- Demam yang berlangsung selama berminggu-minggu dan tidak disebabkan oleh pilek atau infeksi lainnya.
- Menderita kelelahan ekstrem
- Anemia
- Bengkak di pergelangan kaki atau di sekitar kaki

Kanker ginjal yang menyebar ke bagian tubuh lain, dapat menyebabkan beberapa gejala lain, seperti sesak napas, batuk darah, dan sakit pada tulang.