5 Bumbu dan Saus Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Saos mustard.
Sumber :
  • Pixabay/ Fuji01

VIVA – Menurunkan berat badan berarti mengurangi asupan kalori. Kamu harus menjauhkan beberapa jenis makanan dari menu harian kamu untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Tapi bukan berarti kamu enggak bisa makan enak. Kamu bisa menambahkan salah satu dari lima jenis bumbu dan saus berikut ini ke dalam makananmu untuk membantu menurunkan berat badan, seperti dilansir dari Times of India.

Cuka apel

Cuka apel dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan mengurangi persentase lemak tubuh. Hal ini karena cuka apel mengandung asam asetat, yang dapat memperlambat proses pencernaan, yang membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. 
Kamu bisa menambahkan cuka apel ke dalam sayuran atau salad. Jika kamu tidak menyukai cuka apel, kamu bisa menggantinya dengan cuka balsamic.

Guacamole dip atau alpukat tumbuk

Bumbu ini dapat kamu buat dengan mudah di rumah dan bisa dinikmati setiap hari. Cukup tumbuk seperempat alpukat, bawang putih, dan perasan jeruk nipis. Lalu, oleskan ke atas sandwich. Saus ini rendah kalori, kaya serat dan mengandung lemak sehat yang mampu membantu kamu menurunkan berat badan.

Hummus

Hummus sangat lezat dan sehat. Bumbu ini bisa dijadikan alternatif untuk saus tomat atau mayo. Rendah kalori, sarat dengan serat dan protein, hummus adalah bumbu paling sederhana untuk membantu mengurangi berat badan. Hummus dibuat dengan campuran buncis, bawang putih, minyak zaitun, perasan lemon dan garam.

Salsa

Salsa rendah kalori dan menjadi alternatif yang baik untuk saus salad. Kamu bahkan bisa menambahkannya ke dalam telur orak arik dan sayuran. Pastikan salsa yang kamu konsumsi tetap rendah sodium dan tidak mengandung gula.

Saus mustard

Biji sawi adalah salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan, dan saus mustard ini terbuat dari biji sawi yang dihaluskan. Biji sawi mengandung serat yang sulit dicerna, sehingga kamu membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna mustard. Jadi, kamu akan membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, serat juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa menambahkan saus mustard ke dalam sandwich, salad atau telur, untuk membuat makanan kamu menjadi lebih lezat dan membantu melangsingkan tubuh kamu.