Ingin Awet Muda, Cegah Penuaan Dini dengan Makanan Ini

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Setiap orang akan mengalami proses penuaan. Gejala orang yang mengalami penuaan bisa terlihat secara fisik salah satu yang umum terjadi adalah keriput, hingga kulit pipi yang kendur. Masalah tersebut, tanpa disadari menjadikan ketakutan tersendiri, terutama bagi kaum hawa.

Tidak mengherankan untuk mencegah proses penuaan, banyak yang dilakukan. Bukan cuma melakukan beragam perawatan kecantikan, menjaga pola makanan sehat biasanya juga sudah dilakukan sejak dini. Ini penting untuk perawatan dari dalam.

Untuk mencegah penuaan dini, kita bisa mengonsumsi makanan yang tepat seperti sayur dan buah-buahan. Lalu makanan apa saja yang dapat mencegah penuaan dini? Dilansir dari laman Healthline berikut ini makanan yang dapat mencegah penuaan dini.

Paprika merah

Paprika merah diketahui kaya akan antioksidan. Selain kandungan vitamin C yang tinggi yang baik untuk produksi kolagen paprika merah mengandung antioksidan kuat yang disebut karotenoid.

Karotenoid adalah pigmen tanaman yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan oranye terang yang terlihat di banyak buah dan sayuran.  Karotenoid memiliki berbagai sifat anti-inflamasi dan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

Pepaya

Pepaya diketahui kaya akan berbagai antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.  Pepaya diketahui mengandung vitamin A, C, K,  dan E, kaya akan kalsium, potasium, magnesium, phosphorus dan vitamin B.

Beragam antioksidan dalam pepaya diketahui membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan dapat menunda tanda-tanda penuaan.  Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat anti-penuaan tambahan dengan bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik dari alam.  

Bluberry

Blueberry kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan yang disebut anthocyanin.  Anthocyanin ini diketahui yang memberi warna biru pada bluberry. Antioksidan yang kuat, ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan memoderasi respons peradangan dan mencegah kehilangan kolagen.

Brokoli

Brokoli adalah pembangkit “tenaga listrik” anti-inflamasi, anti-penuaan yang kaya akan vitamin C dan Kal berbagai antioksidan, fiber, folate, lutein, calcium. Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk produksi kolagen, protein utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas.

Bayam

Bayam mengandung antioksidan yang membantu mengoksidasi dan mengisi seluruh tubuh. Selain itu, bayam juga tinggi akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus.  Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin A yang dapat membuat rambut kuat dan berkilau. Bayam juga mengandung vitamin K yang membantu mengurangi peradangan pada sel.

Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak penangkal radang yang meningkatkan kulit halus dan kenyal. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam alpukat dapat membantu kita melepaskan sel-sel kulit mati, meninggalkan kita dengan kulit yang indah dan bercahaya. Kandungan karotenoidnya juga dapat membantu memblokir racun dan kerusakan akibat sinar matahari dan juga membantu melindungi dari kanker kulit.

Ubi jalar

Warna oranye dari ubi jalar berasal dari antioksidan yang disebut beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A. Vitamin A dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan pada akhirnya berkontribusi pada kulit yang lembut dan tampak muda.

Sayuran akar yang lezat ini juga merupakan sumber vitamin C dan E yang keduanya dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya dan membuat kulit kita tetap bersinar.