Menguak Manfaat Pole Dance, Olahraga yang Digemari Para Artis Cantik

Menari dan Berolahraga Ala Pole Dance
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Pole dance adalah jenis olahraga senam yang menggunakan medium tiang sebagai tumpuan tubuh saat melakukan gerakan senam. Awalnya, pole dance populer di Maharashtra, India 800 tahun lalu.

Saat itu, pole dance adalah bagian dari metode latihan para pegulat. Namun kini, pole dance yang merupakan olahraga yang memadukan antara gerakan senam, tari, dan juga akrobat ini begitu digemari termasuk di kalangan selebritis cantik Indonesia.

Sebut saja Vicky Burki, Nikita Willy, Tyas Mirasih, Andien hingga Jessica Iskandar terlihat pernah mengabadikan tengah melakukan pole dance di akun instagram pribadinya. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari Pole Dance? Dilansir dari laman Lifehack berikut ini manfaat tidak terduga dari pole dance untuk kesehatan.

Pole dance membantu membakar kalori lebih cepat

Pole dance diketahui dapat membantu kalian membakar kalori dengan cepat. Sebab, pole dance membebani otot-otot di seluruh tubuh dan membuat kali terus bergerak, sehingga menjadikan pole dance sebagai latihan isometrik dan kardiovaskular.  

Melakukan pole dance selama 30 menit diketahui setara dengan melakukan aerobik dan senam, dan ini akan bisa membuat  penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan.

Mengurangi stres

Ketika seseorang stres, adrenalin mulai perlahan menumpuk di tubuh, sehingga membuat kalian cemas, mudah terganggu dan tertekan.  Melakukan pole dance yang intens akan membantu seseorang mengeluarkan semua adrenalin dan menyebabkan tubuh memproduksi endorfin, hormon yang terkait dengan perasaan senang.  Hingga akhirnya kalian akan lebih tenang dan lebih bahagia setelah melakukan latihan yang benar.

Tubuh jadi lentur

Pole dance diketahui dapat membuat tubuh seseorang menjadi lentur. Ketika tubuh lentur, diketahui seseorang akan lebih sedikit mengalami masalah sakit punggung, leher yang kaku dan nyeri otot.  Selain itu, ketika tubuh lentur juga akan meminimalkan risiko terkilir dan dapat bergerak lebih bebas.

Baik bagi tulang dan sendi

Nyeri sendi adalah masalah serius dan persisten bagi banyak orang dan wanita khususnya memiliki risiko lebih tinggi terkena osteoporosis di kemudian hari. Melakukan gerakan pole dance diketahui meningkatkan mobilitas sendi, membantu secara signifikan mengurangi risiko osteoporosis pada wanita.  

Pole dance adalah bentuk latihan yang sangat aman.  Karena faktanya, dengan pole dance seseorang terus-menerus memperkuat otot-otot di tangan dengan memegang tiang, sehingga cedera regangan berulang yang umum seperti sindrom carpal tunnel juga bisa dihindari.

Baik untuk jantung dan aliran darah

Pole dance diketahui setara dengan latihan aerobik sedang hingga intens, dan karena semua otot terlibat pada suatu titik, olahraga secara teratur ini dapat meningkatkan aliran darah dan jantung. Ini sangat penting bagi wanita yang menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan menghabiskan berjam-jam duduk di kursi.

Membantu selama proses kehamilan dan melahirkan

Salah satu manfaat yang kurang dikenal dari pole dance adalah bahwa bentuk pelatihan ini dapat bermanfaat di kemudian hari ketika seseorang memutuskan untuk memiliki anak.  Pole dancing mengembangkan otot punggung dan perut yang sangat kuat, sehingga membantu meminimalkan nyeri punggung selama kehamilan dan benar-benar membantu seseorang melahirkan lebih lancar dan tidak terlalu menyakitkan.