Gusi Bengkak Bisa Diatasi dengan Lima Bahan Ini

Ilustrasi gusi bengkak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pernahkah Anda mengalami pembengkakan pada gusi? Rasanya menyebalkan, bukan? Ya, pembengkakan gusi adalah masalah gigi yang wajar dialami.

Biasanya, pembengkakan disebabkan oleh infeksi, kehamilan atau kurang gizi. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tipsnya, seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis 13 Oktober 2016.

Air garam

Garam dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam mulut, serta memastikan mulut dalam keadaan sehat. Setelah menyikat gigi, gosok gigi dengan garam lalu berkumur dengan air hangat. Lakukan cara ini tiga kali dalam sepekan. Anda juga bisa menggunakan cara lain, seperti berkumur dengan air hangat yang sudah diberi garam.

Lidah Buaya

Bahan alami ini juga bisa menjadi obat untuk mengatasi gusi bengkak. Lidah buaya memiliki zat antiradang dan antibakteri yang bisa meredakan sakit pada gusi. Oleskan lidah buaya pada daerah yang terinfeksi, pijat-pijat ringan lalu berkumur dengan air hangat. Lakukan cara ini dua hingga tiga kali dalam sehari.

Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi. Kunyit juga mampu mencegah infeksi bakteri menyebar ke area gigi lain. Buatlah pasta dari kunyit dan air, lalu oleskan pada gusi yang bengkak. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Jahe

Buatlah pasta yang terbuat dari jahe dan air. Lakukan hal yang sama seperti pasta kunyit.

Cengkih

Campur minyak cengkih dengan lada hitam. Oleskan pada bagian yang terinfeksi. Anda juga bisa mengoleskannya tanpa menggunakan lada hitam. (asp)