Syarat Penting Sembuhkan Kanker Sampai Tuntas

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Sekali kanker tumbuh di dalam tubuh, dia akan terus berkembang tidak terkendali hingga menjalar ke tempat lain. Ketika sudah menjalar, kanker akan mengeluarkan racun.
Berbeda dengan tumor, kanker yang sudah membesar akan menimbulkan demam, menyebabkan berat badan turun hingga kurus kering.

"Bukan karena tidak nafsu makan, tapi sel kanker itu memakan apa yang dimakan penderita kanker. Dan racun yang dikeluarkan kanker itu membuat protein otot menjadi cair," ujar Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, Sp.PD-KHOM, Ketua Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia, kepada VIVA.co.id.

Di samping itu, lemak pada penderita kanker juga menjadi cair, pasien memiliki darah rendah, dan mudah terkena infeksi karena daya tahan menurun akibat racun. Jadi, kanker ini merupakan penyakit sistemik yang bukan hanya berupa benjolan saja, tapi juga menyebabkan suhu badan tinggi, otot mengecil, tidak nafsu makan, dan mual.

Karenanya, dalam menyembuhkan kanker harus sampai tuntas karena jika tidak maka bisa kambuh lagi. Satu saja sel kanker yang tersisa, dalam waktu lima tahun, dia bisa tumbuh kembali.

Arry mengatakan, pada kanker yang masih dalam stadium dini, pengobatannya adalah dengan melakukan operasi. Tapi, kalau kanker sudah menjalar, diobati dengan sistemik, terapi target.

Meski demikian, dia mengingatkan, yang terpenting adalah pasien kanker harus baik gizi karena tidak ada satu pun obat yang bisa membunuh sel kanker sampai habis.

"Dia bisa hilang, habis dengan satu bagian tubuh, yaitu daya tahan tubuh," katanya.

Kenal Semua Sel

Sel darah putih atau limfosit, yang merupakan daya tahan tubuh, adalah yang paling mengenal semua sel dalam tubuh. Tidak ada satu sel dalam tubuh yang tidak dikenali oleh limfosit.

Inilah yang menjadi alasan kenapa orangtua yang paling mudah terkena kanker karena sel darah putih pada orangtua sudah melemah atau berkurang. Karena itulah pentingnya menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

"Caranya adalah dengan olahraga karena sirkulasi darah sangat penting. Tanpa sirkulasi darah yang baik dia tidak bisa membawa semua makanan yang dibutuhkan sel dalam tubuh," ujarnya.

Ingat, semua orang memiliki bakat mengidap kanker. Kanker bisa berkembang hanya dari satu sel saja. Tapi, dengan daya tahan tubuh yang kuat, sel kanker itu bisa dibunuh. (ren)