Mencicipi Makanan Nikmat Ramadan Khas Sudan

Sudanese Asida, makanan khas Ramadan di Sudan
Sumber :
  • Courtesy alarabiya.net

VIVA – Sudanese Asida merupakan makanan khas Ramadan asal Sudan. Makanan yang mirip seperti bubur ini menjadi sajian berbuka puasa yang paling populer di negara Afrika itu.

Seperti bubur, sajian ini terdiri dari tepung jagung, daging kering dan yoghurt. Makanan lokal ini sangat populer dikonsumsi di bulan Ramadan karena rasanya yang nikmat dan kaya kandungan gizinya yang mencakup vitamin, protein, dan kalsium.

Dilansir dari laman Alarabiya, Asida dikonsumsi dalam keadaan hangat usai berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Terdapat dua variasi dari Asida yaitu Telqiya dan Niaimiya.

Telqiya merupakan sajian Asida yang terdiri dari daging kering, dengan tekstur yang tebal. Sementara, Niaimiya adalah sajian Asida versi modern, yang terbuat dari bawang bombai kering, daging cincang, saus herbal, dan lada. Sajian yang lebih populer yakni yang versi Niaimiya.

Asida sendiri memiliki bentuk semi bulat yang khas secara tradisional. Namun, seiring berkembangnya zaman, masyarakat makin kreatif mengembangkan bentuk dan ukuran dari makanan ini.