Ketika Kolang Kaling Jadi Pelepas Dahaga Puasa

Kolang kaling.
Sumber :
  • TVOne

VIVA – Banyak yang percaya kolang kaling bisa menjadi obat ampuh sebagai pelepas dahaga saat puasa. Bahkan orang tua di masa lalu kerap menyajikan manisan atau kolak kolang kaling sebagai menu berbuka puasa.

Selama ini, kolang kaling sudah menjadi santapan tradisional yang populer di waktu sahur dan berbuka, terutama karena rasanya enak dan menyegarkan dahaga. Bahkan, saking populernya buah khas Indonesia ini, penjualan kolang kaling bisa melejit hingga 100 persen di bulan Ramadan.

Kolang kaling banyak ditemukan di berbagai pasar tradisional yang tersebar di Indonesia, biasanya dijual dalam bentuk es buah atau manisan. Namun, menurut Mustika Ratu, kolang kaling tak hanya sekadar sajian manis biasa.

Mustika Ratu, sebuah brand kesehatan dan kecantikan Indonesia, mengklaim bahwa kolang kaling yang berasal dari pohon aren (Arenga Pinnata) memiliki beragam manfaat positif bagi tubuh. Nutrisi yang terdapat di dalamnya membantu tubuh untuk tetap fit dan sehat, walaupun pola makan berubah di bulan puasa.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa selain rasanya yang enak dan segar, kolang kaling memiliki kandungan nutrisi berlimpah, mulai dari serat hingga vitamin C,” kata Tika Sumarya, Junior Product Manager dari Kolang-Kaling Mustika Ratu.

Menurut dia, sejak puluhan tahun yang lalu, pendiri Mustika Ratu, B.R.A. Mooryati Soedibyo telah merasakan manfaat kesehatan dari kolang kaling. Mooryati sendiri merupakan seorang Putri Keraton Solo dan entrepreneur yang terkenal karena penelitiannya dalam pengobatan herbal tradisional Indonesia.

Dia menuturkan, kolang kaling pada umumnya kaya akan kandungan serat pangan larut yang dapat membantu mempertahankan dan memelihara saluran pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kolang kaling juga sangat penting untuk pembentukan dan memelihara jaringan tubuh.

"Oleh karena itu, mengonsumsi kolang kaling saat sahur dan berbuka puasa bisa membantu kita tetap aktif beraktivitas dan selalu fit selama Ramadan,” tuturnya.

Kemasan Siap Minum

Dengan beragam manfaat yang menyehatkan, Mustika Ratu pun meluncurkan minuman ready-to-drink (RTD) kolang kaling yang pertama di Indonesia. Minuman ini mengandung bahan kolang kaling natural 100 persen dengan kemasan yang praktis dan nyaman untuk dibawa kemana saja.

“Sejauh ini, pasar konsumen Indonesia telah memberikan sambutan hangat," ujar Tika.

Sejak dirilis pada Juni 2017, permintaan pada minuman kolang kaling telah meningkat hingga 40 persen dan berkontribusi sebanyak 7 persen pada pendapatan Mustika Ratu di bidang produk kesehatan. Peningkatan permintaan tak cuma di Asia tapi juga Amerika Utara.

Konsumen mereka biasanya menikmati minuman ini pada saat sahur dan berbuka, sehingga konsep RTD sangat tepat karena bisa meminumnya kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu persiapan lain. (ren)