Wajib Coba, 5 Makanan Cegah Jerawat Membandel

Memotong wortel
Sumber :
  • REUTERS/Heinz-Peter Bader

VIVA – Jerawat yang datang menyerang, merupakan salah satu infeksi yang mulai terjadi sejak masa pubertas. Banyak faktor yang memicu kehadiran jerawat, seperti kotoran, pola makan yang kurang tepat, serta minyak di wajah.

Berbagai perawatan bisa menjadi pilihan untuk menangani dan mengontrol jerawat, salah satunya dengan pola makan yang tepat. Berikut, beberapa makanan sehat yang ampuh cegah jerawat, dikutip dari laman The Health Site, Rabu 19 September 2018.

1. Buah bit

Warnanya yang merah menyala, membuat tampilan buah bit nampak menarik. Meski rasanya kurang begitu lezat, ia memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa mencegah jerawat.

2. Tanaman okra

Okra mengandung banyak manfaat seperti antibakteri, antijamur, antiinflamasi, analgesik, dan re-hydrating. Kandungannya yang beragam, bisa menjadi cara menangani jerawat yang membandel.

3. Brokoli

Sayuran ini dikenal dengan manfaatnya yang begitu banyak, karena memiliki kandungan vitamin A,C,E, dan K. Ia mampu melawan radikal bebas yang merusak kulit, serta melepas racun dalam tubuh dan mencegah jerawat.

4. Bayam

Sayuran ini berkhasiat untuk membersihkan darah secara alami. Ia juga memiliki kandungan antioksidan yang membantu organ hati untuk mendetoksifikasi berbagai racun, termasuk kotoran pemicu jerawat.

5. Wortel

Sayuran berwarna oranye ini memiliki kandungan yang baik untuk kulit seperti beta karoten, antioksidan, caritenoids, dan vitamin c. Wortel ampuh untuk menyembuhkan jaringan kulit yang bermasalah serta meningkatkan produksi kolagen.