Tips Memilih Alpukat yang Sudah Matang dan Berkualitas Baik

Buah alpukat.
Sumber :
  • pixabay/Tookapic

VIVA – Alpukat menjadi sajian yang tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga menyimpan sejuta manfaat kesehatan bagi tubuh. Tidak heran jika buah yang berwarna hijau kekuningan ini begitu digandurungi banyak orang.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memilih alpukat yang benar-benat matang dan berkualitas bagus. Tak jarang orang yang mendapatkan alpukat yang pahit dan belum matang.

Namun, Anda tak perlu khawatir, berikut ini adalah tips memilih alpukat dengan benar, dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

1. Warna kulit

Hal pertama yang diperlukan diperhatikan saat membeli alpukat adalah warna kulitnya. Pilih alpukat yang cerah dan mengkilap. Bukan berwarna kusam dan buahnya terlihat sudah lembek, karena tandanya sudah terlalu matang.

2. Tekstur buah

Perhatikan pula tekstur buah. Yang perlu dilakukan adalah menekan buah alpukat menggunakan seluruh telapak tangan. Alpukat yang matang maka teksturnya akan terasa empuk, bukan benyek.

3. Tangkai

Bekas tangkai alpukat akan meninggalkan lubang yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui tingkat kematangan buah. Jika lubang berwarna hijau maka, alpukat telah matang sempurna. Jika lubang warna berwarna coklat muda, maka alpukat belum matang

Sedangkan jika lubangnya berwarna coklat gelap atau hitam, maka alpukat sudah terlalu matang.

4. Menggoyangkan alpukat

Cara lain untuk mengetahui kematangan alpukat adalah dengan menggoyangkan alpukat. Ketika digoyangkan biji terdengar bergerak berarti alpukat sudah matang, dan sebaliknya.

(je)