Menjajal Tempat Makan Durian Favorit Ahok di Mangga Besar

Durian di warung Acin Mangga Besar, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Rintan Puspitasari

VIVA – Sudah bukan rahasia lagi jika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merupakan penggemar berat buah durian. Bahkan saat dirinya masih dalam tahanan, Ahok tak henti menyantap buah favoritnya tersebut.

Penasaran dengan lokasi makan durian mantan orang nomor satu di DKI Jakarta yang selama ini dikatakan di kawasan Mangga Besar, VIVA mencoba menelusuri warung durian favoritnya. Kawasan tersebut selama ini memang terkenal sebagai lokasi berburu durian nikmat tanpa takut tertipu karena bisa ditukar di tempat.

Setelah menelusuri kawasan Mangga Besar, ada satu tenda penjual durian dengan spanduk berwarna kuning dan bertulis ACIN tercetak merah dengan ukuran besar. Spanduk itu cukup menarik perhatian dari kejauhan.

Karyawan di tempat durian tersebut sangat ramah. Konsumen cukup mencari tempat duduk nyaman dan beberapa jenis durian nanti akan disajikan untuk dipilih sesuai selera.

Durian-durian yang disajikan cukup beragam, dari yang berdaging tebal dan manis hingga berdaging tipis. Tapi semuanya dijamin manis dan tidak akan menyesal membeli durian di tempat ini.

Di sinilah kemudian diketahui bahwa tempat durian yang memiliki tiga lapak di Mangga Besar itu merupakan langganan mantan Gubernur DKI Jakarta asal Belitung Timur tersebut. Ahok sendiri, menurut Acin, si pemilik warung durian ACIN, lebih menyukai durian dengan rasa manis pahit agak sedikit asam.

"Durian Medan, manis pahit agak asem-asem sedikit," tuturnya saat ditemui di Mangga Besar, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.  

Dari tiga lapaknya, dia bisa menjual 500 buah durian dalam satu hari. Usaha ini telah berjalan kurang lebih 25 tahun dan merupakan yang pertama di kawasan Mangga Besar. Harga buah durian di sini sekitar Rp200 ribu untuk tiga butir.

Jika tak suka tangan Anda bau durian, di tempat yang buka mulai pukul 17.30 WIB ini disediakan sarung tangan plastik di setiap meja, serta air mineral. Biji durian juga tak usah dibuang sembarangan atau repot merapikannya, karena telah disediakan ember kecil untuk meletakkan biji buah durian. (fin)