Menguak Etika yang Harus Dipahami Saat Ada di Meja Makan

Ilustrasi makanan/menghias makanan
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Jamuan makan yang bersifat resmi seringkali menjadi salah satu agenda yang rutin dilakukan oleh beberapa orang. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengetahui apa saja etika dan sikap yang sebaiknya dimiliki saat menghadiri jamuan tersebut atau yang lebih sering disebut dengan table manner.

Table manner menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, salah satu tujuannya adalah untuk mengakrabkan hubungan kerja dengan rekan bisnis atau klien, serta mengetahui sisi lain dari dirinya. Namun tidak sedikit dari kita yang masih belum memahami aturan di meja makan saat jamuan makan malam.

Yulie Nasution Grillon dan Dara Setyohadi melalui buku berjudul The Art of Tabble Setting pun menjabarkannya dalam salah satu bab mengenai aturan atau etiket saat jamuan makan malam.

"Buku saya The Art of Tabble Setting ini salah satu etiket di meja makan, table manner di meja makan, harus ada etiketnya,” ujar Yulie Nasution saat ditemui di Plaza Indonesia, Jumat, 15 Maret 2019.

Dia pun menjabarkan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan seseorang saat jamuan makan malam. Termasuk penggunaan beberapa peralatan makan mulai dari sendok, garpu hingga piring. Selain itu penting juga kata dia, untuk tidak menumpukkan tangan di meja, melainkan selalu menaruh posisi tangan di atas paha, dan menaruh serbet di atas paha saat akan mau mulai makan. Hingga pemberian wine merah yang disajikan bersamaan ketika menyantap daging dan wine putih yang disajikan bersamaan ketika menyantap ikan sebagai penetral dan penambah rasa dalam mulut.

"Intinya selalu menggunakan sendok dari kanan ke dalam dan garpu dari kiri ke dalam. Ada garpu besar hingga kecil untuk sendok paling ujung digunakan untuk sup dulu. Setelah itu salad, kemudian ada piring besar untuk main course. Sedangkan piring kecil yang berada di atas, biasanya untuk roti," lanjut dia.

Bukan hanya itu saja, buku ini juga akan memberikan tips dan trik menata meja yang baik sesuai dengan tema pesta yang akan diselenggarakan. Buku ini juga memberikan berbagai pengetahuan mendalam tentang seni penataan meja, perletakan perlengkapan makan yang benar ala lokal dan internasional. Serta bagaimana merencanakan sebuah pesta menjadi tuan rumah yang baik.