Cara Cepat Matangkan Alpukat dalam Semalam

Buah alpukat.
Sumber :
  • pixabay/Tookapic

VIVA – Alpukat menjadi salah satu buah favorit masyarakat dunia. Hal ini lantaran buah itu mengandung lemak baik dan kaya kandungan vitamin yang mampu mempromosikan kesehatan tulang dan meregulasi tekanan darah.

Bukan hanya itu saja, sebuah studi mengemukakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi alpukat memiliki triglyceride yang lebih rendah. Buah berwarna hijau ini pun diketahui bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Mengonsumsi alpukat akan terasa lebih enak saat buah sudah benar-benar matang dengan daging buah yang lembut atau empuk. Namun terkadang ketika kita sudah membeli alpukat, ternyata belum matang secara sempurna.

Lalu bagaimana Anda tahu bahwa alpukat yang Anda pilih itu matang atau tidak? Caranya cukup mudah, ambil dan periksa alpukat, jika ditekan teksturnya agak lunak, tetapi permukaannya tidak licin kemungkinan alpukat yang Anda beli matang sempurna.

Selain itu, pilihlah yang berwarna hijau gelap hingga cokelat. Tetapi tidak semua jenis alpukat berubah kecokelatan, jadi berhati-hatilah. Cara lain untuk mengetahui apakah alpukat yang Anda beli sudah matang adalah dengan menarik batangnya dengan lembut. Jika jatuh dengan mudah dan berwarna coklat, maka alpukat itu sudah matang. Jika tidak, maka saatnya untuk mematangkannya.

Beberapa cara mudah bisa dilakukan untuk mematangkan alpukat, seperti taruh alpukat di bawah sinar matahari selama satu atau dua hari.

Anda juga bisa melakukan cara lain, dengan meletakkan buah dalam kantong kertas cokelat, tutup, dan simpan pada suhu kamar. Anda juga dapat menggunakan koran untuk membungkusnya jika Anda tidak memiliki kantong kertas.

Jika Anda ingin mematangkan alpukat dengan waktu cepat, Anda bisa menambahkan lebih banyak buah matang ke dalam tas atau koran, seperti pisang, apel, atau tomat. Mengapa demikian? karena saat matang, buah-buah itu akan menghasilkan gas etilen yang memicu pematangan dalam buah. Jadi, menjebak gas di dalam kantong membantu mematangkan apa pun yang ingin Anda matangkan. Hal ini mungkin terjadi dalam semalam, jadi pastikan untuk memeriksa.

Bagaimana jika Anda ingin melakukan yang sebaliknya, dan memperlambat proses pematangan buah? Cukup tempatkan alpukat di lemari es, karena ini akan membantu untuk menyimpan sedikit lebih lama dan memberi Anda waktu sampai menemukan penggunaan yang sesuai untuk alpukat.