Mukbang Menu Porsi Jumbo, Youtuber Ini Raih Penghasilan Miliaran

Kim Thai
Sumber :
  • Youtube kimthai

VIVA – Berdasarkan tren saat ini, beberapa cara mudah bagi kreator Youtube agar bisa mendapat uang adalah dengan melakukan permainan video game, membuat review mainan atau mengajarkan orang lain tentang barang apa yang harus mereka beli.

Tapi, bagi seorang Youtuber berusia 25 tahun, Kim Thai, menampilkan aksi makan dalam jumlah porsi besar atau mukbang menjadi pilihannya. Mukbang adalah istilah di Korea Selatan yang mengombinasikan makan dengan siaran.

Kim yang meluncurkan channel-nya 'Eat with Kim’ delapan bulan lalu, ada satu di antara banyak Youtuber mukbang yang kini memiliki pendapatan besar melalui makan dengan porsi luar biasa besar di depan kamera.

Daya tarik dari menonton orang lain menelan porsi jumbo makanan memiliki kaitan dengan efek sensual yang dibawanya kepada penonton atau pengalaman indera perasa yang bisa diciptakan bagi mereka yang tak mampu membeli makanan itu atau alergi terhadap makanan tersebut.

"Apa pun yang membuat mereka terpuaskan. Saya menyadari tidak semua orang menonton saya karena alasan yang sama," katanya.

Beberapa orang tertarik dengan bagaimana cara Kim mengupas udang. Dan beberapa orang lain, mungkin penasaran bagaimana rasa suatu makanan yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

"Saya di sini untuk menyebarkan cinta melalui makanan," ujar Kim lagi kepada Cosmopolitan dalam sebuah wawancara baru-baru ini seperti dikutip Nextshark.

Berhasil menarik lebih dari 200.000 subscribers hingga saat ini, channel milik Kim membuatnya bisa mengantongi penghasilan miliaran dari iklan dan sponsor dari produk-produk seperti DoorDash dan Pepto-Bismol.

Menurut Kim, dia sampai berhenti dari pekerjaannya sebagai media sosial untuk merek produk kecantikan nasional agar bisa fokus dengan karier Youtube-nya secara penuh.

"Itu keputusan yang sangat menegangkan dan langkah yang sangat besar. Tapi, melihat ke belakang, saya senang memutuskan untuk mengikuti hati saya," ujar Kim.

Mengetahui kalau videonya adalah sesuatu yang selalu dinanti orang, membuatnya kembali mengingat kenapa ia memilih jalan ini.

Dengan penghasilan yang disimpannya, Kim berencana meluncurkan lini pakaiannya sendiri dalam waktu dekat. (ase)