4 Kreasi Onde-onde Kekinian, Bisa Jadi Inspirasi Takjil Buka Puasa

Onde-onde salted egg.
Sumber :
  • instagram @moucup.patisserie

VIVA – Berbuka puasa tidak lengkap rasanya tanpa menikmati takjil terlebih dahulu. Takjil sendiri merupakan makanan ringan, bisa berupa gorengan, bubur kacang hijau, bubur sum-sum, aneka kue hingga kolak. Salah satu jenis takjil yang mungkin tidak boleh dilewatkan ketika berbuka adalah onde-onde.

Onde-onde sendiri terbuat dari adonan tepung ketan yang ditaburi biji wijen. Jika umumnya isian onde-onde adalah kacang hijau, namun kini ada beberapa varian isi onde-onde yang terbilang unik.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini onde-onde unik yang mungkin bisa menjadi referensi menu berbuka Anda.

1. Onde isi ubi ungu

Jika umumnya camilan ini dibuat dari adonan tepung ketan dan diisi dengan kacang hijau kupas atau kacang merah yang legit, berbeda dengan yang satu ini. Onde-onde diisi ubi ungu. Kreasi dari salah satu pengguna Instagram, @nindypermata ini menggunakan tepung ketan, tepung tapioka, gula dan ubi ungu kukus yang dihaluskan sebagai isian. Yang menarik, ketika digigit bagian dalam termasuk tepung ketannya pun berubah warna menjadi ungu.

2. Onde-onde telur asin

Demam salted egg alias telur asin masih terus terjadi di Indonesia. Bahkan onde-onde pun dijadikan kuliner yang diberi isian kuning telur asin. Ialah @moucup.patiesserie yang menciptakan kreasi ini. Telur asin sebagai isian onde-onde tentu saja menciptakan perpaduan rasa antara manis dari adonan tepung dan asin dari telur asin sebagai isian.

Bahannya pun cukup sederhana, seperti tepung ketan, kentang kukus, santan, garam, gula, telur asin matang, butter, custard powder, tepung maizena dan susu kental manis.

3. Onde-onde isi pasta coklat

Pengguna Instagram, @mega_dingding memberikan sebuah resep onde-onde pelangi isi Choco Crunch. Bahannya pun cukup mudah, seperti tepung ketan putih, kentang kukus, gula, garam, air hangat dan wijen putih. Sedangkan isiannya, 10 gram Choco Crunch yang dibulatkan kemudian dimasukkan ke dalam lemari es.

Campur tepung, kentang, kemudian gula dan garam hingga menjadi adonan. Kemudian buat menjadi bulat. Masukkan Choco Crunch ke dalam adonan, taburi wijen dan kemudian goreng onde-onde.

4. Onde-onde isi nutella

Inovasi makanan menggunakan Nutella juga masih digandrungi. Kini inovasi onde-onde isi Nutella turut hadir, seperti resep dari @varajanetta.

Untuk membuatnya, siapkan tepung ketan, tepung terigu, garam, air hangat, wijen dan Nutella. Campur tepung ketan, tepung terigu dan garam. Aduk, tambah air hangat dan uleni hingga menjadi kalis. Kemudian bulatkan dan isi dengan Nutella, taburi wijen kemudian goreng hingga matang. (ldp)