Cukup Rp120 Ribu, Bisa Buka Puasa dengan 99 Menu Warisan Nusantara

Sate Maranggi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan

VIVA – Ramadan menjadi anjang silaturahmi. Biasannya, undangan acara buka puasa bersama atau Bukber ini dilangsungkan di rumah, bahkan di restoran.

Nah, bagi yang tengah berencana untuk bersilaturahmi sambil berbuka puasa ke Bogor, mungkin bisa jadi pilihan. Seperti diketahui, Bogor terkenal sebagai salah satu surga kuliner. Bahkan di Bogor, ada tempat makan yang menyajikan 99 menu warisan Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Selain bisa jadi tempat kumpul silaturahmi, hidangan yang disajikan di tempat ini dijamin akan memanjakan lidah Anda. Lokasi kuliner itu berada di HARRIS Hotel Sentul City, di Komplek Sentul International Convention Centre (SICC), Jalan Jendral Sudirman No.1.

Saking banyaknya menu makanan yang dihidangkan, pastinya akan membuat pengunjungnya kebingungan. Jika merasa bingung, Anda bisa langsung bertanya pada pelayan makanan yang akan Anda pilih. Meskipun ada nama keterangan di atas meja, namun pramusaji di sini tak segan menjelaskan secara detail masakan itu.

Misalnya, Soto Medan. Nah sebelum menikmati, pengunjung bisa meracik sendiri. Makanan unik lainnya, juga ada sate ikan. Setiap masakan yang disajikan bukan cuma beragam, tetapi juga kaya akan bumbu dan rempah.

Daging Empal Maninjau pun jadi salah satu menu favorit di sini. Tersedia pula daging bakar, sate maranggi hingga sate padang. Untuk penggemar olahan sayur, beragam pilihan sayur mulai dari Karedok Bandung sampai Sayur Kapao juga tersedia.

Lalu, kenapa dinamakan 99 warisan nusantara?

"99 warisan nusantara, (asal kata dari) Asmaul Husna sifat sang pencipta. Walau masakan nusantara ratusan jumlahnya, kami mengambil 99 kuliner yang identik," kata Manager Food & Beverage, HARRIS Hotel Agung Suharto kepasa VIVA, Jumat 17 Mei 2019.

Agung mengatakan, pengunjung yang datang ingatannya akan dibawa kembali ke kampung halaman. Serasa pulang kampung, 99 warisan kuliner ini sekaligus disajikan sebagai upaya mengenalkan kembali Indonesia dengan ciri khas masakan yang beragam.

"Seperti Sambal Roa, asal Manado. Atau sambal Paria, makanan yang sulit ditemui kecuali asal daerahnya ada di sini. Sop buntut, sop iga, sop Betawi, semua ada di sini," kata Agung.

Harris Hotel memiliki ratusan menu yang akan disajikan setiap harinya. Harga untuk buka bersama di sini hanya Rp120 ribu per orang sudah bisa makan sepuasnya. Selama Ramadan, 99 Warisan Nusantara buka pukul 18.00-21.30 WIB malam. Bukan cuma di Harris Hotel Bogor, sebagian besar hotel ini juga menyajikan menu dengan program yang sama. Seperti Batam juga Bandung. (asp)