5 Tips Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga di Bulan Ramadan

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Banyak yang beranggapan jika bulan puasa akan membuat pengeluaran menurun, karena kegiatan makan yang dibatasi dari 3 kali sehari menjadi 2 kali sehari. Namun, nyatanya banyak para ibu yang anggaran belanjanya malah membengkak pada saat bulan Ramadan.

Para ibu cenderung menyediakan hidangan yang lebih lengkap, lezat dan bergizi pada saat berbuka dan sahur. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran mereka jika anggota keluarganya tidak dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan baik, jika makanan yang disajikan seadanya saja.

Untuk memangkas biaya, berikut ini adalah tips menghemat pengeluaran rumah tangga di bulan puasa, namun tetap dapat menghidangkan makanan yang lezat dan bergizi untuk keluarga, dikutip dari rilis CupoNation yang diterima VIVA, Kamis, 23 Mei 2019.

1. Menyiapkan bujet khusus Ramadan

Menyiapkan bujet khusus untuk Ramadan dalam bentuk bulanan atau harian dapat membantu para ibu untuk memantau pengeluaran dan menghindarkan diri dari overspending. Anggaran belanja yang telah ditetapkan cenderung membuat para ibu lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang tak perlu.

2. Membuat daftar menu selama Ramadan

Dengan membuat daftar menu selama Ramadan, para ibu dapat mengestimasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak. Hal ini akan membantu para ibu untuk lebih cermat dalam berbelanja dan bahan-bahan yang dibeli dapat digunakan secara maksimal tanpa ada yang terbuang atau mubazir.

Daftar menu Ramadan juga membuat para ibu lebih hemat dalam memberikan hidangan yang lezat dan bergizi dengan bahan-bahan yang masih terjaga kualitasnya. Cek beberapa resep masakan online untuk mempermudah  merancang menu Ramadan.

3. Cek promo Ramadan

Di bulan Ramadan akan ada banyak sekali promo yang bertebaran dan tentu sangat bermanfaat. Namun, para ibu tetap harus hati-hati dan jangan sampai lupa diri hingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Agar tetap bijak dalam menyikapi promosi Ramadan yang menggoda, mulailah untuk membuat daftar barang yang dibutuhkan dan cek katalog promosi dari berbagai tempat.

4. Membeli makanan yang sudah jadi

Jika para ibu merasa terlalu lelah untuk memasak, membeli makanan yang sudah jadi juga dapat menjadi alternatif yang dapat digunakan. Cukup dengan memasak nasi, para ibu hanya perlu membeli lauk dan sayur untuk dihidangkan bersama keluarga.

Jika ingin menghemat pengeluaran transport dan menghindari macet, para ibu juga dapat memanfaatkan layanan food delivery dari aplikasi pesan antar makanan ojek online. Namun, wajib diingat, harus tetap di dalam bujet yang ditentukan ya, moms!

5. Membandingkan harga buffet Ramadan

Sah-sah saja jika sesekali para ibu ingin merasakan nikmatnya berbuka puasa dengan buffet Ramadan bersama keluarga. Agar tetap hemat dengan hidangan puasa yang lezat dan lengkap, mulailah untuk membandingkan harga buffet Ramadan dan menu yang ditawarkan di beberapa hotel dan restoran. (nsa)