RESEP: Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah

Fillet Tilapia Bakar Sambal Matah
Sumber :
  • Dokumentasi Regal Springs Indonesia

VIVA – Perubahan waktu makan saat bulan puasa, sebaiknya diimbangi dengan asupan gizi seimbang, agar semakin menyempurnakan ibadah puasa yang kita jalani sebulan penuh.

Para ahli gizi banyak yang merekomendasikan konsumsi ikan sebagai menu sahur dan berbuka. Selain mudah diolah, ikan juga kaya akan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh dan mudah dicerna.

Namun, pengolahan ikan menjadi berbagai pilihan menu, membutuhkan jenis ikan yang tepat. Sebut saja ikan Bandeng yang paling enak kalau digoreng. Sementara itu, Anda yang menyukai menu bakar, ikan kue adalah pilihan yang paling pas.

Hanya beberapa jenis ikan yang tetap lezat saat diolah menjadi berbagai macam menu. Salah satunya adalah ikan tilapia. Tidak hanya mudah diperoleh, ikan tilapia juga mudah dimasak, tinggi protein, dan rendah lemak.


 
Tilapia sebenarnya adalah nama umum untuk menyebut ratusan spesies ikan cichlid dari suku tilapiine cichlid. Di Indonesia, selain bisa ditemukan di alam liar, ikan tilapia juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih.

Dengan berbagai kebaikan yang dimiliki ikan Tilapia, sangat tepat, jika ikan ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga dengan menyajikannya sebagai menu sahur dan berbuka.

Jika bingung ikan tilapia akan diolah menjadi masakan apa, berikut, resepnya yang dikirimkan Regal Springs Indonesia  produsen ikan tilapia premium lewat rilisnya.

Fillet Ikan Tilapia Bakar Sambal Matah
 

Bahan:

6 potong fillet ikan tilapia
1 buah jeruk nipis
Garam secukupnya

Sambal Matah:

8 buah cabai rawit merah, iris
8 buah cabai rawit hijau, iris
5 siung bawang merah, iris tipis
2 batang serai, iris
5 lembar daun jeruk, iris
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
50 ml minyak goreng

Cara membuat:

Sambal:
campur cabai, bawang, serai, daun jeruk, garam dan gula pasir ke dalam wadah tahan panas lalu aduk rata, kemudian siram dengan minyak goreng panas. Angkat dan sisihkan.
   
Lumuri fillet ikan tilapia dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap, kemudian panggang di atas pan anti lengket hingga kecokelatan. Sajikan dengan sambal matah di atasnya.

Hasil: 6 porsi