RESEP: Lapis Tidore untuk Hari Raya, Tradisi Ratusan Tahun

Kue Lapis Tidore
Sumber :
  • VIVA/Ifan Gusti

VIVA – Lapis Tidore atau kue lapis kacang merupakan kue legendaris asal Pulau Tidore, Provinsi Maluku Utara. Rasanya yang lembut di lidah menjadikan kudapan tersebut favorit masyarakat Tidore di momen hari Raya Idul Fitri maupun hari-hari besar lainnya.

Lapis Tidore pada umumnya dibuat berlapis tiga, di mana pada setiap tumpuknya dilapisi selai kacang dan gula merah yang renyah, sehingga menjadikannya khas Tidore. Dan di momen Idul Fitri ini, lapis Tidore wajib disediakan warga di atas meja tamu.

Nona Duba, salah satu penerus pembuat kue lapis Tidore mengaku, kue lapis Tidore merupakan kue tradisional warga Tidore yang sudah ada sejak ratusan tahun silam semasa kejayaan Kesultanan Tidore.

"Kue ini sudah menjadi khas warga Tidore setiap Lebaran. Kue ini diwarisi oleh nenek moyang orang Tidore dahulu ," ujar Nona saat ditemui VIVA di Kelurahan Ome, Kecamatan Tidore Utara, beberapa waktu lalu.

Meski namanya lapis Tidore, kue ini tak cuma diproduksi oleh orang Tidore saja, melainkan seluruh orang di daerah Maluku Utara, tanpa menggantikan nama kue. Jika ingin mencicipi kue Lapis Tidore, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Maluku karena bisa membuatnya di rumah dan resepnya pun cukup mudah.

Kue Lapis Tidore

Bahan-bahan:

- 5 butir telur
- 1 gelas lebih tepung terigu (gelas ukuran 200cc)
- 1 gelas rata gula halus
- 1/2 sdt Sp (pengembang kue)

Bahan untuk membuat kica atau selai kacang  

- 1/2 gula merah
- 5 sdm gula pasir
- 1/2 kg kacang tanah, sangrai, haluskan dengan blender
- 1/2 sdt garam

Cara membuat:

1. Mixer telur dan gula halus sampai kaku.

2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula sampai tercampur rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang bulat dengan diameter 30 centimeter (cm) yang telah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Goyang-goyangkan sampai rata.

4. Oven dengan api bawah, api atas, sampai matang.

Membuat selai kacang:

1. Lelehkan gula merah, gula putih, dan garam dengan air sebanyak 350cc sampai kental.
2. Masukkan kacang tanah yang sudah diblender. Aduk-aduk sampai rata (jangan ada kacang yang menggumpal). Angkat, lalu dinginkan.

Tips:

Bila kue telah matang, bagi kue menjadi tiga, lalu olesi dengan selai kacang di tiap bagiannya. Kemudian tumpuk jadi satu, potong-potong dan sajikan. Lezatnya kue lapis Tidore pun siap disantap.

Laporan: Ifan Gusti/Maluku Utara