Rahasia Kentang Goreng Renyah Seperti Buatan Restoran Cepat Saji

Kentang goreng.
Sumber :
  • Food Beast

VIVA – Kentang goreng menjadi salah satu menu makanan yang cukup populer di restoran cepat saji. Rasa crunchy berpadu gurih membuat kentang goreng menjadi makanan primadona.

Namun, kita tahu bahwa kentang goreng yang dijual di restoran cepat saji ini kuranglah sehat. Mengingat, tidak sedikit yang menggunakan tambahan lemak sapi pada minyak untuk menghidrogenasi minyak yang berfungsi untuk memperpanjang umur penyimpanan kentang. 

Seiring berjalannya waktu, restoran cepat saji juga menambahkan lemak jenuh untuk menggoreng kentang. Karena itu, banyak orang tua yang khawatir dan lebih memilih membuatnya sendiri di rumah untuk anak mereka.

Meski membuat kentang adalah pekerjaan yang mudah, namun tidak sedikit dari kita yang sering melakukan kesalahan dalam membuatnya. Mulai dari tekstur kentang yang masih keras atau bahkan terlalu berminyak. 

Kita tahu bahwa kentang goreng di restoran memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam serta harum. Lantas, apa rahasia kentang goreng ini? Celebrity Chef Jet Tila dan ilmuwan makanan Dr. Arielle Johnson bekerja sama untuk memberikan Anda formula kentang goreng yang sempurna.

Dilansir dari laman Food Beast, pertama, Anda dapat mengupas atau membiarkan kulit kentang, tergantung pada preferensi Anda. Jika Anda tidak mengupas kulitnya, pastikan cuci sampai bersih.  

Untuk memotong dengan sangat mudah, lapisi pisau dengan semprotan memasak sehingga kentang tidak menempel.  Setelah Anda memotong kentang berbentuk stik, kemudian masukkan ke mangkuk yang telah diisi air dingin. Ini akan membantu kentang melepaskan banyak pati.  

Setelah itu, bilas kentang dan tiriskan dengan tisu untuk menghilangkan sisa air. Sekarang, rahasianya terletak pada cara penggorengan. Kentang goreng Anda harus menjalani tahap pramemasak di deep-frier

Goreng kentang dalam jumlah kecil dan masak selama sekitar 5 menit.  Kemudian, tiriskan minyak dan biarkan dingin.  Dan begitu Anda akan menyantapnya, goreng secara deep fried lagi.  Jangan lupa untuk mengeringkannya sebelum makan. (ldp)