Kelihatan Sehat, Ternyata Gado-Gado Bisa Picu Asam Urat

Gado-gado
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Mengonsumsi makanan yang lezat dan nikmat terkadang membuat seseorang lupa diri akan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Bahkan sebagian orang terkadang tidak mempedulikan kandungan lemak, purin dan serat yang terdapat pada makanan yang dikonsumsinya selama makanan itu enak di lidah.

Namun, tahukah Anda makanan yang Anda konsumsi bisa memicu munculnya asam urat? Salah satunya gado-gado. Kelihatannya mungkin sehat, ternyata bahan makanan di dalam gado-gado bisa memicu asam urat.

"Sayuran hijau tua dan bumbu kacang serta tahu tempe akan memicu asam urat, karena bahan tersebut tinggi purin. Kalau metabolismenya di dalam tubuh lambat, maka akan memicu peningkatan asam urat di tubuh," ujar spesialis gizi klinis, DR dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K) dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 24 Juli 2019.

Untuk mereka yang asam uratnya sudah mencapai angka 8, sebaiknya hindari konsumsi gado-gado. Perlu diketahui, purin merupakan zat di dalam bahan makanan yang nantinya akan dimetabolisme tubuh. Berbagai jenis jeroan pun tinggi akan purin.

"Ragam jenis jeroan yang tinggi purin antara lain, usus, paru dan babat. Apalagi kalau masaknya ditambah santan," kata dia.

Selain itu, daging merah juga dapat memicu asam urat. Terlebih jika konsumsinya melebihi 500 gram dalam satu hari.

"Sebenarnya daging merah tinggi protein asal dikonsumsi seperlunya. Sehari cukup satu potong atau 100 gram daging merah agar tidak memicu asam urat," jelasnya. (ldp)