Pantas Aja Enak, Kopi Kenangan Pakai Standar Starbucks

Kopi Kenangan
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA – Kopi susu kekinian bikinan lokal jadi salah satu minuman hits yang lagi digemari oleh kaum urban. Di antara sekian banyak kedai kopi, ada salah satu yang menjadi favorit, yaitu Kopi Kenangan.

Rasa manis dan bold yang pas ditawarkan oleh kopi susu dari gerai Kopi Kenangan. Ternyata rasa yang pas dan terasa nikmat itu diracik bukan dari sembarang bahan.

Dikatakan founder Kopi Kenangan, James Pranoto, rahasia racikan kopi susu Kopi Kenangan terletak pada konsistensi dan kualitas. Hal tersebut ia pelajari dari kedai-kedai kopi yang sudah mendunia seperti starbucks.

"Kita pakai mesin kopi yang asli dan mahal, kalau dari segi kualitas, anggaplah seperti mobil Merci. Blendernya juga seharga Rp20 juta-an yang sama seperti Starbucks," ujar James ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2019.

Dengan mesin yang berkualitas, maka konsisten rasa kopi pun bisa didapatkan di setiap minuman yang dijajakan. Begitu pula dengan penggunaan merek susu yang memiliki kualitas baik.

"Kita mulai dari ingredients-nya (bahan) yaitu susu. Kita pakai susu merk greenfields yang sama seperti Starbucks. Mungkin kita bisa aja pakai merek yang biasa, tapi kita enggak mau karena ingin menjaga kualitas," jelasnya.

Bahan utama kopi susu kekinian khas Indonesia yaitu gula aren. Nah, James mengatakan bahwa gula aren yang digunakan merupakan bentuk batok dan asli dari pabrik.

"Kita proses sendiri gula arennya agar konsisten rasa manisnya. Ada yang menawarkan gula aren yang sudah jadi dan tinggal tuang, tapi kita enggak mau," jelasnya.

Sementara untuk membuat harganya terjangkau namun kualitas tetap terjaga, James mengandalkan biji kopi khas Indonesia. Biji kopi lokal tersebut berasal dari 4 lokasi di Indonesia.

"Kita pakai produk lokal dengan campuran robusta dan arabika. Suplai dapat mudah dan harga terjangkau," kata dia.