Icip-Icip Kuliner Ibu Kota Baru Khas Penajam Paser Utara Kaltim

Jendral Mabuk
Sumber :
  • budaya-indonesia.org

VIVA – Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan lokasi ibu kota baru di Kalimantan Timur. Pengumuman yang berlangsung di Istana Negara tersebut Jokowi menyebut Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai ibu kota Indonesia. 

Dalam pidatonya Jokowi menjelaskan bahwa alasan dipilihnya ibu kota baru di Penajam Paser Utara lantaran daerah itu minim risiko bencana. Selain itu, lokasinya juga strategis di tengah wilayah Indonesia, berdekatan dengan perkotaan yang sudah berkembang yakni Balikpapan dan Samarinda. 

Pasca ditetapkannya kawasan ini sebagai ibu kota baru Indonesia, tidak sedikit dari masyarakat yang penasaran dengan daerah ini. Salah satunya adalah soal kuliner khasnya, meski jarang kita dengar, ternyata kawasan ini ternyata juga jadi surganya kuliner khas yang unik. 

Berikut ini kuliner khas dari kawasan ini seperti dilansir dari berbagai sumber. 

Amplang bandeng

Makanan khas, yang paling terkenal dari kawasan ini adalah Amplang Bandeng. Makanan ini mirip dengan kerupuk hanya saja yang membedakan adalah amplang berbentuk bulat dan kecil.

Dempo durian

Dempo durian ini sekilas mirip dengan dodol. Dempo ini dibuat dari bahan dasar durian yang belum matang atau yang rasanya hambar. 

Soto Penajam Paser Utara

Bukan hanya di Jawa, soto juga ada di kawasan ini. Sama seperti soto pada umumnya soto ini juga terdiri bihun, kol, daging dan kuah kuning. Namun yang membedakan soto penanjam ini diberi daging bakar yang sudah di tusuk seperti daging sate saat disuguhkan. 

Jenderal mabok

Kawasan ini punya kuliner unik yang bernama jenderal mabok. Jenderal mabok ini merupakan kue khas Penajam Paser yang berwarna hijau yang berasal dari daun pandan atau daun suji. 

Asal mula nama kue jenderal mabuk pun disematkan karena cita rasanya yang legit sehingga konon membuat seorang jenderal mabuk. Dalam satu loyang, kue itu dibagi menjadi 8 iris.