Tips Memasak Bebek Biar Empuk dan Dagingnya Mudah Disobek

Bebek Timbungan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Bebek menjadi salah satu kudapan khas Nusantara yang diolah dengan beragam bumbu masakan. Tiap daerah di Indonesia pun memiliki menu sajian bebek yang sudah akrab di lidah masyarakat.

Daging bebek terkenal dengan rasanya yang lebih gurih dan lezat. Namun, pengolahan yang tidak tepat, malah membuat daging bebek terasa hambar dan alot.

Executive Chef Bebek Timbungan, Ida Bagus Udiana, mengatakan bahwa memasak daging bebek yang lezat dan nikmat memerlukan beragam rempah. Chef yang ahli dalam mengolah menu khas Bali, Bebek Timbungan, ini menuturkan, olahan bebek harus bisa dinikmati dengan tekstur yang lembut.

Untuk membuat tekstur daging bebek menjadi lembut dan mudah disobek, ternyata hanya butuh tiga macam rempah lho.

"Agar tekstur tidak alot, beri terasi, garam dan asem. Lalu remas-remas dan diamkan sebentar kemudian kasih bumbu," ujar Chef Ida Bagus.

Biasanya, sebelum dibumbui, bebek yang telah diberi bumbu untuk melembutkan daging bebek, diberikan tambahan rempah lagi. Kali ini, rempah yang diberikan khusus untuk hilangkan bau amis pada bebek.

"Agar tidak bau amis lagi, paling simple dengan buah mengkudu. Celupkan dengan air yang direndam dengan buah mengkudu mentah, lalu bisa diberi bumbu ungkep agar rasanya lebih enak," kata dia.