Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 6 Oktober 2019 | 08:00 WIB

3 Cara Gampang Kupas Kulit Tomat, Gak Pakai RIbet

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Isra Berlian
Foto :
  • Pixabay/ Anelka
Buah tomat.

VIVA – Tomat menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di rumah. Tomat sering digunakan sebagai tambahan rasa dalam makanan atau bahkan dikonsumsi langsung.

Ketika diolah, enggak sedikit dari kita yang akan mengupas tomat. Mengupas tomat mungkin terdengar sepele, namun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan.

Baca Juga

Terkadang, mengupas kulit tomat membuat teksturnya menjadi lembek. Lalu, bagaimana mengupas tomat tanpa ribet? Berikut ini tiga triknya, dilansir dari laman Taste of Home, Kamis, 3 Oktober 2019.

Dengan teknik merebus

Terpopuler

Merebus adalah cara tercepat dan paling mudah untuk mengupas tomat. Kulit mudah terangkat dan membantu menjaga rasa segar tomat dan teksturnya. 

Langkah pertama isi panci dengan dua pertiga air dan didihkan. Bersihkan tomat kemudian masukkan tomat dalam air mendidih dan rebus selama 30-60 detik.

Setelah itu angkat dan dinginkan di dalam mangkuk berisi air es untuk mencegah proses memasak. Setelahnya, tusuk lapisan luar tomat dengan ujung pisau dan angkat, kulit akan terkelupas.

Dengan cara dipanggang

Metode ini bekerja baik dengan tomat yang lebih kecil dan kurang berair seperti tomat prem dan Roma. Pertama cuci bersih tomat kemudian potong setengah memanjang, dan letakkan sisi yang dipotong ke bawah dalam loyang tipis yang diolesi minyak.

Atur suhu dan panggang sampai ujung tomat kecoklatan selama kurang lebih 30-35 menit.  Atau Anda bisa memanggang tomat yang dibelah dua selama 8-12 menit. Setelah itu angkat dan biarkan loyang sedikit dingin, kemudian kupas dengan tangan.

Menggunakan freezer

Bersihkan tomat, keringkan dan buah bagian tangkainya. Kemudian atur tomat (utuh) di atas loyang dan masukkan ke dalam freezer. Setelah beku, keluarkan tomat dan tuangkan air hangat dan kulit akan langsung terlepas.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Tanggul Muara Baru Jebol, Warga Khawatir Banjir
TVONE NEWS - 5 menit lalu