Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 8 Oktober 2019 | 10:17 WIB

Begini Cara Cek Telur Masih Segar atau Enggak

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Isra Berlian
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi telur.

VIVA – Telur ayam menjadi bahan makanan yang wajib ada setiap hari di setiap rumah, mengingat manfaatnya yang luar biasa. Bukan hanya untuk digunakan saat membuat kue, telur juga digunakan dalam banyak masakan lain.

Enggak heran kalau banyak ibu rumah tangga yang sedia stok telur dalam jumlah banyak. Namun, pernahkah saking banyaknya telur yang Kamu beli, ada beberapa telur yang tidak dipakai dan terlalu lama disimpan.

Baca Juga

Alhasil telur menjadi kedaluwarsa dan akhirnya tidak dimakan. Padahal sebenarnya jangan buru-buru membuang telur yang sudah kedaluwarsa. Terkadang telur tetap segar meski sudah lewat tanggal kedaluwarsanya.

Lalu, bagaimana cara mengecek bahwa telur yang disimpan di kulkas masih segar dan bisa digunakan? Berikut ini beberapa cara untuk mengetahuinya.

Terpopuler

Dilansir dari Delia Online, Selasa, 8 Oktober 2019, pertama, tes menggunakan air. Masukkan telur  ke dalam iwadah berisi air yang ada di wadah. Jika telur itu tenggelam dan secara horizontal berdiri di bagian bawah, berarti telur itu benar-benar segar.

Jika miring setengah, maka telur tidak begitu segar. Jika telur tenggelam di dasar wadah dalam posisi vertikal atau mengapung, maka telur sudah kedaluwarsa dan tak lagi bisa dikonsumsi.

Cara lainnya adalah dengan memecahkan telur dan menaruhnya di piring. Telur yang masih segar memiliki kuning telur bulat dan padat, serta bagian luar putih tipis. Telur segar lebih mudah dipisah antara putih dan kuningnya.

Ketika digunakan untuk telur dadar, telur orak-arik dan membuat kue, telur yang telah kedaluwarsa akan lembek dan tidak mengembang. (ldp)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Fakta Telur yang Wajib Anda Tahu
TVONE NEWS - 7 bulan lalu