Tips Jitu Menggoreng Telur Tanpa Lengket di Wajan

Ilustrasi telur/memasak telur/menggoreng telur.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Telur ayam menjadi salah satu bahan makanan yang ada di hampir semua dapur. Itu karena telur adalah bahan makanan yang menyehatkan. Kandungan nutrisi di dalam telur baik bagi tubuh. Makanan satu ini juga merupakan sumber protein, vitamin A, D dan B.

Bukan hanya itu, harganya yang ekonomis, serta mudah diolah menjadi hidangan apa pun membuat telur begitu difavoritkan. Namun, pernahkah Kamu mengalami masalah saat mengolah telur?

Salah satu masalah yang sering dialami saat mengolah telur adalah telur yang lengket saat digoreng. Lalu, bagaimana cara menggoreng telur tanpa lengket di wajan? Berikut ini langkah-langkahnya, dilansir dari Live Strong, Sabtu, 12 Oktober 2019.

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah menaruh wajan di atas kompor, lalu atur kompor dengan api sedang untuk memanaskan wajan lebih dulu sebelum mulai menggoreng telur.

Lapisi penggorengan dengan sedikit mentega atau margarin untuk rasa dan agar telur tidak lengket saat digoreng. Setelah wajan panas, pecahkan telur dengan cara memukulnya dengan lembut di tepi wajan.

Ubah suhu kompor menjadi rendah lalu masak telur di atas api kecil untuk memastikan teksturnya lebih lembut. Biarkan telur matang sampai putih telur berubah dari bening menjadi putih. Geser spatula plastik di bawah telur dan balik.

Goreng sisi lain telur sampai kuning telur mencapai tingkat kematangan yang Kamu inginkan. Hanya dibutuhkan waktu sekitar satu menit sampai kuning telur matang. Jika Kamu lebih suka kuning telur yang lebih padat, goreng telur selama dua hingga tiga menit di kedua sisi.

Geser spatula di bawah telur goreng, pindahkan dari penggorengan ke piring. Matikan kompor dan telur pun siap dinikmati. Selamat mencoba!