Tips Memilih dan Mengolah Iga Sapi Supaya Empuk

Ilustrasi iga sapi.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Ribs atau iga merupakan kuliner yang cukup difavoritkan para penikmat daging. Lantaran rasanya yang gurih dan teksturnya yang berserat.

Iga sapi sering diolah menjadi beragam sajian lezat. Selain dipanggang, iga sapi enak diolah jadi sup hingga iga penyet.

Namun, terkadang mengolah daging iga bukanlah perkara yang mudah. Jika salah pilih dan cara pengolahannya tidak tepat, daging iga bisa menjadi alot dan bumbunya tidak meresap.

Lalu, bagaimana cara memilih dan mengolah daging iga? Berikut ini tips dari Executive Chef Hotel Harris, Ade Ferdianto.

Pertama, kata Chef Ade, perhatikan komposisi antara daging, tulang dan lemak. Untuk komposisi iga, sebaiknya pilih yang beratnya 5 kilogram. Komposisi daging sebesar 3,9 kilogram, tulang 1 kilogram dan lemak 500 gram.

“Ada baiknya kalau mau daging iga, pilih yang US prime atau Australia prime,” kata dia kepada VIVA di Harris Hotel Jakarta Utara, Selasa, 22 Oktober 2019.

Setelah itu, yang penting adalah metode memasak. Jika metode memasaknya kurang tepat, maka hasil akhirnya kurang baik.

Untuk metode memasaknya, iga bisa diungkep dulu, yang mana proses tersebut bisa membuat tekstur iga menjadi juicy dan tekstur bagian dalamnya lembut.

“Spesifikasi 1 jam cukup karena dalam segi ribs, tulang enggak kelihatan kalau di-braised (ungkep), daging akan menyusut. Ketika daging iga mentah, tulang tidak akan terlihat, namun ketika di-braised, daging akan menyusut dan tulang akan terlihat,” kata dia.

Untuk proses pengungkepan, Kamu bisa menggunakan beberapa bahan dapur sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, jahe, lengkuas dan sereh. Kemudian diblender halus. Lalu diungkep bersamaan dan masukkan cabai untuk menambah sensasi pedas. Terakhir, masukkan santan untuk mendapatkan tekstur creamy.