Asal Usul Jagung Warna-warni

Jagung warna warni
Sumber :

VIVAlife - Penemuan varietas sayur dan buah-buahan dengan wujud unik saat ini memang sedang marak dilakukan di berbagai tempat di dunia. Setelah sebelumnya semangka berbentuk hati, kali ini muncul jenis jagung baru dengan bulir yang berwarna-warni.

Jagung ini disebut Glass Gem. Varietas ini diciptakan oleh seorang petani lokal Amerika Serikat. Ide menciptakan jagung warna warni pertama kali terlintas di kepalanya saat memperhatikan tongkol jagung hasil panennya yang menunjukkan tanda-tanda tak biasa yaitu memililki warna yang terang dan bersinar jilka terkena sinar matahari.

Pria bernama Carl Barnes tersebut kemudian mengumpulkan bibit jagung dengan warna berbeda dan menanamnya dengan cara melakukan persilangan. Setelah bertahun-tahun melakukan percobaan, Barnes berhasil memproduksi jagung dengan puluhan warna berbeda pada bulir-bulirnya, seperti yang ditulis Daily mail.

Sebelum meninggal, Barnes mewariskan koleksi biji-biji varietas uniknya kepada sang teman, Greg Schoen dan memintanya untuk meneruskan usahanya tersebut. Pada tahun 2010, schoen memutuskan untuk memberikan biji-biji itu kepada Bill McDorman, pemiliki perusahaan penghasil biji tanaman di Arizona.

Di tangan Bill McDorman, itulah jagung berbulir warna itu mulai diproduksi dan dipasarkan secara online dengan harga $7.95 per atau Rp91 ribu per paket. (umi)