Cara Tenangkan Anak Rewel Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi anak menangis.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_Kerckx

VIVA.co.id – Membawa serta sang buah hati saat mudik memang terkadang merepotkan. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum. Menjaga suasana hati mereka supaya tetap senang menjadi tugas yang harus dipikirkan, agar tidak menganggu perjalanan dan penumpang lain di kendaraan umum.

Tapi, Anda tidak perlu terlalu khawatir jika tahu trik-triknya. Anak-anak pun dijamin akan tetap tenang meski melakukan perjalanan jauh. Berikut beberapa trik menenangkan anak rewel dalam perjalanan, seperti dilansir dari Babies Travel Lite.

Pencegahan

-Alihkan perhatian anak-anak dengan video di ponsel atau gadget lainnya. Jangan keluarkan gadget saat masih menunggu keberangkatan, karena Anda akan kehabisan baterai dan anak-anak sudah merasa bosan sebelum perjalanan dimulai. Jadi gunakan gadget dengan bijak.

-Pastikan Anda membawa makanan ringan kesukaan mereka agar mereka gembira dan tidak bosan.

-Permainan merupakan metode yang sangat efektif untuk mencegah anak rewel, karena ketika mereka fokus bermain bersama Anda, mereka tidak akan menghiraukan sekeliling mereka.

-Beberapa minggu sebelum perjalanan, buatlah jadwal tidur baru untuk buah hati Anda. Perdengarkan musik dalam ponsel Anda yang dapat membuat mereka cepat tidur dan putar secara terus-menerus. Ketika dalam perjalanan, saat mereka asyik bermain ponsel, putar musik tersebut dan hal ini bisa memancing rasa kantuk mereka.

-Bacakan cerita untuk anak-anak dengan suara yang pelan agar tidak menganggu penumpang lain.

Anda kini sudah tahu bagaimana mencegah anak-anak agar tidak rewel selama perjalanan. Tapi, bagaimana jika ternyata si kecil tidak bisa tenang dan tangisan pun pecah? Tenang, berikut trik yang bisa Anda lakukan.

-Tetap tenang. Memang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tapi, Anda harus berusaha sebisa mungkin untuk tenang atau Anda bisa ikut terbawa emosi.

-Orang di sekeliling Anda mungkin tidak suka dengan keberadaan anak-anak di perjalanan mereka, tapi pasti ada satu orang yang memahami situasi Anda. Namun, terkadang pandangan tidak suka dari penumpang di sebelah Anda justru bisa menenangkan buah hati Anda yang rewel.

-Tidak perlu merasa tertekan dengan keberadaan penumpang lain yang terusik dengan kebisingan buah hati Anda. Ada saja di antara mereka yang juga sama menganggunya, misalnya penumpang yang mungkin belum mandi, anak yang tidak berhenti mengoceh atau seseorang yang tidur mengorok. Satu hal yang pasti, ketika sampai di tujuan, Anda akan turun dan tidak akan bertemu dengan orang-orang itu lagi.

Laporan: Adinda Permatasari

(ren)