Perhatikan Hal Ini Saat Ingin Beri Anak MPASI

Ilustrasi bayi makan makanan pendamping ASI
Sumber :
  • pixabay/Advisor

VIVA – Saat bayi menginjak usia di atas 6 bulan, banyak orangtua yang sudah mulai mencoba untuk memberikan buah hatinya Makanan Pendamping ASI (MPASI). Seperti diketahui, air susu ibu (ASI) sendiri merupakan asupan terbaik bagi anak usia 0 sampai 6 bulan.

Namun, dalam memberikan MPASI tak sedikit pula orangtua yang justru keliru. Beberapa dari mereka kerap memberikan makanan padat secara langsung. Padahal ada beberapa hal yang harus dilihat dan dipertimbangkan saat memilih bahkan memberikan MPASI pada si kecil. Lalu, apa saja hal yang harus dipertimbangkan?

"Kita harus tahu apakah anak sudah siap atau belum. Makanya harus konsultasi dulu ke dokter karena ada yang harus dilihat grafiknya. Apakah sesuai atau enggak dengan berat badan motoriknya," kata dr Reisa Broto Asmoro di Jakarta, Rabu, 21 November 2018.

Menurutnya, pada beberapa anak yang belum mencapai usia 6 bulan namun berat badannya tidak sesuai dengan usia, anak itu harus diberikan MPASI dini. Dalam kasus lainnya, ada anak yang justru belum bisa mengonsumsi MPASI meski usianya sama.

"Jadi harus pelan-pelan, dari cair ditingkatkan kepekatannya, semakin bertambah usianya maka MPASI yang diberikan semakin padat," kata dia.

Di samping itu, hal lain yang juga harus diperhatikan ialah kemampuan makan si kecil. Orangtua harus bisa memastikan bahwa anak sudah bisa menelan dengan baik saat diberikan MPASI.

"Jangan dipaksa karena bisa tersedak dan trauma. Kalau belum siap, nanti malah trauma dan nanti justru tidak mau makan," ujar Reisa. (ase)