Efek Melewatkan Nutrisi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Nutrisi menjadi hal penting bagi tumbuh kembang anak. Nutrisi juga menjadi modal utama membangun generasi yang berkualitas bagi masa depan bangsa.

Karena itu, pemberian nutrisi yang baik harus sudah dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan atau pada 1000 hari pertama kehidupan anak. Menurut dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK, pemberian nutrisi yang baik sejak 1000 hari pertama kehidupan penting. Itu karena jika pemberian nutrisi sudah melewati usia 2 tahun, pertumbuhan otak dan kecerdasan tidak bisa dikejar kekurangannya.

Pentingnya pemberian nutrisi ini juga harus sudah ditanamkan sejak remaja, terutama pada remaja putri. Menurutnya, ini bekal untuk mereka menjadi seorang ibu, karena saat nanti mereka hamil kemudian menyusui, mereka juga akan jadi role model anak-anaknya.

“Pengalaman nutrisi yang baik ini akan ditiru sampai mereka dewasa dan punya anak lagi," ujar Nurul dalam acara SGM Aksi Nutrisi Generasi Maju di The Hermitage Menteng, Jakarta, Rabu, 20 Maret 2019.

Nurul melanjutkan, apa yang diperlukan pada periode emas perkembangan otak anak adalah zat gizi makro seperti energi, protein, lemak, dan karbohidrat. Di dalam sumber makanan gizi makro itu juga mengandung zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral.

Selain itu, saat menginjak usia satu tahun anak mulai dikenalkan dengan makanan keluarga. Kenalkan pula pada anak variasi makanan dan makan bersama keluarga. Ketika makan, kenalkan juga etika makan dan etika berkomunikasi dengan ayah dan ibu.

Saat makan bersama keluarga inilah pembangunan karakter anak bisa dibentuk. Orangtua juga bisa menstimulasi untuk saling mengobrol di meja makan. (ldp)