Cara Alyssa Soebandono Tanamkan Disiplin Makan pada Anak

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono.
Sumber :
  • VIVA/Putri Dwi

VIVA – Mendisiplinkan anak untuk makan teratur dan tertib di meja makan memang sebuah tantangan. Apalagi jika anak-anak masih balita yang tidak bisa duduk diam dan menikmati makannya. Akhirnya banyak orangtua menyerah dan memilih membiarkan anak makan sambil bermain.

Tapi, hal tersebut tidak berlaku bagi keluarga Alyssa Soebandono. Sebisa mungkin ia mendudukkan anak-anaknya saat makan dan makan bersama keluarga di meja makan. Meski harus memangku anak bungsunya yang masih 19 bulan.

"Jadi mereka tahu kalau duduk seperti ini, sudah waktunya makan, itu yang pertama saya lakukan," kata Alyssa saat acara SGM Aksi Nutrisi Generasi Maju di The Hermitage Menteng, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

Meski anaknya masih belum mengerti cara makan yang benar dan cenderung mengacak-acak makanan di piring, tapi Alyssa tidak mempermasalahkan hal itu. Yang terpenting adalah ada kebersamaan di meja makan.

Selain itu, dengan makan bersama di meja makan, Alyssa dan suami bisa menguatkan bonding atau ikatan bersama kedua anaknya.

"Namanya anak-anak enggak akan serapi orang dewasa, jadi biarkan saja karena mereka dalam masa eksplorasi, jangan dilarang karena mereka merasa tidak boleh melakukan ini itu," kata Alyssa.

Memang tidak mudah membuat anak disiplin duduk di meja makan saat makan, karenanya dibutuhkan kesabaran orangtua untuk melakukannya. Salah satu trik Alyssa adalah tidak memaksa dan memberitahukan secara perlahan pada anak.

Ia melakukan pendekatan dengan cara bercerita pada anak yang lebih besar, sedangkan pada anak yang masih kecil biasanya dengan cara bernyanyi. Bagaimana pun ia berusaha membuat suasana makan yang nyaman bagi anak.

"Anak tidak merasa makan adalah suatu hukuman, nantinya kalau sudah besar mereka akan terbiasa makan di meja makan tanpa gadget," imbuh Alyssa. (ldp)