Demi Bayinya, Tasya Kamila Rela Jadi Ibu Protektif

Randi Bachtiar dan Tasya Kamila.
Sumber :
  • Instagram.com/tasyakamila

VIVA – Bayi yang baru lahir masih memiliki sistem imunitas yang rendah, hingga rentan terkena paparan virus dan bakteri dari lingkungan sekitarnya.

Kasus bayi yang tertular penyakit usai berinteraksi dengan orang dewasa hingga mengancam nyawa bayi, marak terjadi. Hal itu pula yang menjadi perhatian Tasya Kamila, yang baru saja melahirkan anak pertamanya. 

Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, 16 Mei 2019, Tasya mengatakan sebagai orang tua, dirinya harus memantau apakah sekelilingnya memiliki lingkungan yang baik. Semua itu demi kesehatan si bayi serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Situasi sekitar apakah berbahaya buat anak kita, dan buat orang-orang yang lagi visit bayi. Mungkin harus sadar diri juga kondisinya lagi fit atau enggak buat ketemu sama bayi untuk bisa megang bayi. Hargai juga decision orang tuanya, kalau enggak boleh pegang, ya jangan dipegang," kata dia.

Tasya berusaha selalu berhati-hati, bahkan tidak mungkin menjadi protektif, tergantung situasi yang dihadapinya. "Pastinya berhati-hati sih, kalau protektif lihat situasi juga apakah kondisinya memungkinkan untuk bawa anak atau untuk mengenalkan anak ke seseorang," lanjut Tasya.

Menurutnya, keputusan setiap orang tua untuk melindungi bayinya dari hal-hal yang tidak diinginkan adalah wajar. Biasanya setiap ibu dan ayah memiliki caranya tersendiri untuk melakukan hal tersebut.

"Aku pikir itu natural sih, intuitif, orang tua pasti pengin yang terbaik buat anaknya, setiap orang tua pasti punya caranya masing-masing buat ngelindungi anaknya, yang mana mungkin caranya beda," tuturnya.

Masih menjadi perdebatan, pelantun lagu Gembala Sapi ini mengungkapkan jika setiap orang tua bisa menolak seseorang untuk menyentuh bayinya dengan alasan yang sopan.

"Ya kasih tau saja sih baik-baik. Kasih tau saja kalau bayinya alergi, kalau misalkan enggak enak banget kita bawa saja. Bilang saja bayinya mau disusuin gitu. Tetap sopan tapi, tujuannya untuk melindungi bayi kita," lanjut Tasya.