Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 18 Mei 2019 | 13:14 WIB

Cara Tepat Bentuk Rasa Empati Positif Si Kecil

Team VIVA »
Tasya Paramitha
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay
Ibu dan anak.

VIVA – Rasa empati dibutuhkan tiap manusia untuk bisa saling memahami satu sama lain. Hal ini harus dibentuk sejak dini agar si kecil bisa memiliki pribadi yang positif.

Rasa empati pada anak sebenarnya sudah ada sejak anak dilahirkan. Namun, proses membentuk empati anak menjadi ke arah positif, harus dilakukan dengan cara tepat.

Baca Juga

Hal pertama yang mampu menstimulasi empati si kecil sejak dini yaitu adanya peluang atau kesempatan yang diberikan orangtua. Adanya kesempatan tersebut bisa membuat si kecil terlatih untuk mampu berpikir dengan kritis.

"Untuk memiliki empati yang tepat, dibutuhkan kemampuan berpikir. Salah satunya dengan orangtua yang memberi kesempatan untuk melakukan sesuatu pada anak, seperti minta si kecil memberi makanan ke tetangga atau memberi kado ke temannya," ujar Psikolog Roslina Verauli, M.Psi. saat ditemu baru-baru ini.

Terpopuler

Dengan peluang yang dilakukannya, lanjut Vera, anak akan memahami cara bersosialisasi dengan sesama manusia. Untuk lebih memaksimalkan rasa empatinya, hal ini harus dilanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu pemberian hadiah.

"Reward enggak perlu (dalam) bentuk barang. Bisa dengan pujian ke anak setelah ia melakukan hal baik tersebut. Karena reward yang paling dibutuhkan anak yaitu afeksi atau kasih sayang orangtuanya," jelasnya.

Untuk itu, kalimat positif juga harus diberikan orangtua secara rutin pada si kecil untuk membentuk empati yang tepat. Dengan dilakukan secara berulang, perilaku ini bisa memunculkan rasa empati yang tepat pada anak.

"Perilaku yang berulang ini menanamkan pada anak cara melakukan aksi sosial dengan empati yang tepat,” ucapnya. (ase)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kelas Parenting di Kantor VIVA.co.id
GAYA HIDUP - lewat 2 tahun lalu
Terbaru