Halo
Pembaca

Berita

Bola

Ramadan

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 20 Mei 2019 | 13:37 WIB

Salah Pilih Sepatu Anak Picu Penyimpangan Tulang Punggung

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Rintan Puspitasari
Foto :
  • Pixabay/Klaus Hausmann
Ilustrasi sepatu

VIVA – Memilih sepatu memang gampang-gampang susah, selain memilih yang modelnya sesuai dengan selera kita, memilih sepatu juga harus mempertimbangkan soal ukuran, kenyamanan, hingga harga yang ramah kantong. 

Memilih sepatu sebenarnya bukan hanya perlu bagi orang dewasa, dari sejak anak belajar berjalan pun, memilih sepatu atau sandal yang tepat menjadi hal yang penting. Karena disadari atau tidak, alas kaki yang tidak bagus tidak akan bisa menopang tubuh dengan baik yang akhirnya berpengaruh pada pertumbuhan tulang. 

Baca Juga

"Sejak kecil (harus) mulai diperhatikan (terutama) saat (anak) mulai berjalan, supaya tidak terjadi pergeseran tulang. Kalau dari kecil dibiasakan, penyimpangan (tulang) punggung akan terbentuk sampai dewasa," kata dr. Lidya Susanti, yang ditemui usai bincang Sepatuku Kesehatanku bersama Bocorocco di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu 19 Mei 2019. 

Jika terjadi kesalahan dalam memilih sepatu atau sandal, pertumbuhan tulang pada anak akan terganggu.

Terpopuler

"Tulang anak jadi tidak tahu ke mana arah tumbuhnya. Karena kaki hanya mengikuti pertumbuhan lurus ke atas, entah itu akan miring ke kanan atau ke kiri."

Sementara itu lanjutnya, untuk melakukan perbaikan pada kondisi penyimpangan ini selain memerlukan biaya mahal, juga harus menggunakan alat penopang yang pastinya tidak nyaman.

"Di tulang punggung terbentuk sampai dewasa, tidak bisa diapa-apain. Kalau diubah harus ke dokter ortopedi, harus pakai baju khusus dan itu mahal." 

Ia menjelaskan bahwa ciri sekaligus bahaya paling ringan dari salah memilih alas kaki bagi anak antara lain timbulnya rasa nyeri, kesemutan, hingga kram. (ldp)
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Sinyal Jokowi Aktivis 98 Jadi Pejabat Pemerintah
BERITA - 7 jam lalu
Terbaru