Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Kamis, 23 Mei 2019 | 18:54 WIB

Tips ASI Booster Bagi Ibu Menyusui

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi ibu menyusui.

VIVA – Pemberian ASI eksklusif memiliki peranan sangat penting dalam membentuk tumbuh kembang serta kecerdasan si buah hati. 

Namun untuk menghasilkan ASI yang berkualitas perlu memperhatikan asupan gizi yang cukup dan tepat agar produksi ASI ibu tetap lancar.

Baca Juga

Pakar Farmasi dan Kepala R&D Sweetaby, Lia Fitri Margateta A.Md.Far mengatakan bahwa produktivitas ASI pada ibu menyusui di pengaruhi oleh 2 hormon yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin adalah hormon yang membuat sel-sel produksi ASI bekerja secara maksimal sedangkan oksitosin adalah hormon yang memacu refleks pengaliran ASI. 

"Oksitosin dipengaruhi oleh kondisi psikologis Ibu, jika ibu merasa tenang, nyaman, dan bahagia hormon akan berlimpah dan ASI pun akan mengalir lancar. Selain itu, dibutuhkan pula asupan gizi yang baik untuk dapat membantu merangsang hormon prolaktin dan membuat ASI yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas," ujar Lia dilansir rilis dari Sweetaby yang diterima VIVA Kamis 23 Mei 2019.

Terpopuler

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa salah satu zat gizi utama yang diperlukan ibu selama masa menyusui adalah protein. Menurutnya protein merupakan salah satu zat gizi yang mendukung sintesis hormon prolaktin. 

"Protein juga memengaruhi sintesis hormon oksitoksin. Saat menyusui, asupan protein ibu harus selalu terpenuhi. Bagi ibu protein merupakan zat gizi yang akan membantu proses pemulihan tubuh pasca melahirkan."

Vitamin dan mineral pun dibutuhkan untuk memperlancar ASI. Vitamin dan mineral terdapat dalam sayur dan buah, selain itu vitamin dan mineral berkhasiat meningkatkan sistem imunitas tubuh agar ibu tidak mudah terserang penyakit.

“Selain mengkonsumsi makanan sehat, berbagai kebutuhan pelengkap gizi tersebut umumnya juga bisa didapatkan dari Sweetaby yang merupakan minuman serbuk instan rasa lemon segar yang dapat membantu memenuhi asupan gizi yang diperlukan untuk ibu menyusui serta dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas ASI,” ungkap Lia.(mar)
 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Kisruh AMPG, Massa Berupaya Gembok Kantor DPP Golkar
TVONE NEWS - 1 jam lalu