Ini Modal Penting Agar Anak Punya Kepedulian Tinggi

Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Setiap orangtua pasti ingin buah hatinya tumbuh cerdas dan sehat. Karenanya, mereka akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan anak.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi yang optimal. Tapi ternyata, hal di atas tidaklah cukup, sebab setiap anak membutuhkan kasih sayang dan cinta dari keluarga, khususnya orangtua.  

Psikolog Ratih Ibrahim mengatakan, saat ini masih banyak orangtua yang hanya fokus pada nutrisi dan stimulasi untuk tumbuh kembang putra putri mereka .

"Kita lupa bahwa ada modalitas luar biasa untuk tumbuh kembang anak, yaitu cinta orangtua. Kita tentu ingin anak-anak tumbuh jadi anak yang peduli, empati. Dan itu tumbuh karena cinta orangtua," kata Ratih yang dijumpai di acara Dongeng 'Aku Dan Kau untuk Anak Unggul Indonesia' Dancow di kawasan Jakarta Selatan. 

Seringkali karena kesibukan yang sangat tinggi orangtua sering lupa memberi perhatian dan kasih sayang kepada anak. Padahal, memberikan investasi waktu untuk anak tak perlu seharian. Cukup 30 menit asal berkualitas, sudah sangat berarti.

Memiliki waktu yang berkualitas bersama anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya mendongeng. Menurut Ratih, dongeng bisa mengajarkan anak banyak hal, mulai dari empati, cara berpikir kritis, hingga problem solving atau pemecahan masalah.

Selain itu, hindarilah gadget selama berkumpul bersama anak. Anda tentu tidak ingin anak selalu menatap gadget ketika bersama Anda, lalu bagaimana anak bisa lepas dari gadget jika orangtua masih memainkannya. (ldp)