Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 5 Agustus 2019 | 10:47 WIB

Tips agar Si Kecil Tak Rewel saat Mati Lampu

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Bimo Aria
Foto :
  • Pixabay/sheldoni
Ilustrasi ibu dan bayi.

VIVA – Matinya aliran listrik yang terjadi di Jakarta, dan di beberapa tempat di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama kurang lebih 8 jam membuat banyak masyarakat panik. Selain karena tidak mendapat aliran listrik, asupan air di beberapa tempat juga terganggu. 

Kondisi ini akan semakin membuat panik jika memiliki anak bayi. Anak-anak kerap menangis karena kondisi yang gelap dan juga tanpa pendingin udara seperti kipas ataupun AC. Tapi, sebetulnya ada sejumlah tips mudah menjaga anak tetap anteng meski mati lampu. Berikut ini beberapa tipsnya seperti dilansir Baby Center

Baca Juga

Mengatur Suhu Ruangan

Di siang hari, buka semua jendela dan pintu setiap ruangan. Udara segar akan membantu mendinginkan rumah.  Namun, jika angin kering panas (toilet) bertiup, tutup pintu dan tetap di ruangan paling dingin di rumah. 
Kemudian, gulung karpet dan tikar. Lantai penutup adalah permukaan yang jauh lebih dingin untuk duduk dan berbaring. Bayi dan balita dapat tidur siang di kasur atau kasur tipis (chatai). 

Pada malam hari, tutup semua jendela dan pintu yang mengarah langsung ke luar rumah. Khususnya saat senja dan subuh karena ini adalah saat nyamuk paling aktif.  Penyakit yang berhubungan dengan nyamuk seperti malaria, demam berdarah dan chikungunya bisa sangat serius.

Anda mungkin ingin menggunakan obat antiserangga atau membakar obat nyamuk untuk perlindungan tambahan. Namun, hasil bakarannya bisa menimbulkan masalah kesehatan dan memicu bahaya kebakaran yang serius.  Sebaliknya, nyalakan mereka di luar rumah agar nyamuk tidak memasuki rumah. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Forum Advokat Muda Indonesia Gugat PLN dan Pemerintah
TVONE NEWS - 11 bulan lalu
Terpopuler