Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 5 Agustus 2019 | 11:36 WIB

Tips agar ASIP Tak Cepat Basi saat Lisrik Padam

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • U-Report
Botol susu bayi.

VIVA – Pemadaman listrik yang terjadi di sekitar wilayah Jabodetabek hingga Jawa Barat membuat banyak ibu khawatir akan kondisi makanan di dalam lemari pendingin, termasuk stok ASI Perah (ASIP). Tak sedikit para ibu yang bingung mengenai keamanan kondisi ASIP tersebut untuk bisa dikonsumsi.

Dikutip dari laman USDA, Senin 5 Agustus 2019, menjaga suhu freezer tetap dingin adalah salah satu cara membuat ASIP tetap beku. Untuk mempertahankan kondisi ASIP tersebut, usahakan agar tidak ada ruang kosong di antara ASIP.

Baca Juga

Bisa dengan menambahkan plastik berisi air beku atau kantong es gel. Adanya bahan beku lain bisa membuat ASIP beku lebih tahan lama. Selain itu, suhu freezer juga tetap terjaga dan aman.

Freezer yang penuh bisa mempertahankan suhunya hingga 48 jam. Sementara, jika hanya terisi sebagian, kekuatan suhunya bisa bertahan hingga 24 jam. Perlu diingat agar tidak sering membuka freezer agar suhu tetap terjaga.

Terpopuler

Ketebalan serta posisi juga menentukan berapa lama ASIP akan membeku. Untuk ASIP yang disimpan di bagian paling depan dan pintu freezer akan mencair paling pertama. Selain itu, bentuk ASIP yang lebih kecil serta tipis cenderung mencair lebih awal.

Sebagai informasi, pemadaman listrik terjadi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, hingga Banten pada Minggu siang, 4 Agustus 2019. Namun Senin pagi, listrik kembali padam di beberapa kawasan di DKI Jakarta. (nda)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Warga Gugat PLN Diminta Segera Lakukan Ganti Rugi
TVONE NEWS - 14 hari lalu