Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 5 Agustus 2019 | 11:58 WIB

Cara Mudah Jaga ASIP Tetap Beku saat Listrik Mati

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • inmagine.com
Bayi Minum Susu

VIVA – Pemadaman listrik yang terjadi di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi (Jobodetabek) dan beberapa wilayah sebagian Jawa pada Minggu, 4 Agustus 2019 membuat banyak pihak dirugikan. Beberapa wilayah sempat menyala malam hari, namun pada Senin pagi, 5 Agustus 2019, listrik di beberapa wilayah kembali mati.

Terkait kondisi listrik ini, ibu menyusui khawatir akan persediaan air susu ibu perah (ASIP) di freezer. Untuk membuat ASIP tetap beku, tentu para ibu menyusui harus menyiapkan berbagai cara.

Baca Juga

"Sebelum listrik padam lagi, sekarang ibu menyusui segera siapkan es batu lalu ASIP dibentengi dengan es batu tersebut," ujar Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar kepada VIVA, Senin, 5 Agustus 2019.

Mengelilingi ASIP dengan es batu diharapkan bisa membuat ASIP beku lebih lama. Tak hanya es batu, koran juga bisa menjadi wadah pelindung ASIP selama listrik padam.

Terpopuler

"Koran diremas-remas, lalu ditempatkan juga di sekeliling ASIP. Koran ini sifatnya membantu menahan dingin, jadi seperti semi menutup pintu," kata Nia.

Dengan adanya koran dan es batu, ASIP bisa bisa beku lebih lama sehingga stok untuk si kecil masih aman. Nia mengingatkan para ibu menyusui mulai saat ini agar tidak membuka dan menutup pintu freezer jika tidak dibutuhkan.

"Jangan buka tutup freezer, bilang ke orang serumah hal ini. Kalau pun ada ASIP baru, jangan masukan ke freezer dulu, bisa taruh di tas ASIP dulu," ucapnya. (row)

Topik Terkait
Saksikan Juga
Warga Sebut Ada Ledakan di Bawah Jaringan SUTET
TVONE NEWS - 19 hari lalu