Listrik Padam, ASIP yang Cair Jangan Dibekukan Lagi, Ini Bahayanya

Stok ASIP
Sumber :
  • Instagram/@bebefreezer

VIVA – Pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jabodetabek berdampak pada banyak hal termasuk stok ASI Perah (ASIP) para ibu menyusui. Banyak para ibu yang minim informasi terkait keamanan ASIP yang terlanjur cair.

ASIP yang sudah mencair tidak disarankan untuk dibekukan kembali. Hal ini dikhawatirkan adanya kontaminasi kuman yang mungkin masuk ke ASIP.

"Kemungkinan kontaminasi ada dan itu bahaya jika dikonsumsi. Jadi sebaiknya tidak dibekukan kembali," ujar Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar, kepada VIVA, Senin 5 Agustus 2019.

Selain kontaminasi kuman, kata Nia, kandungan gizinya bisa menurun. Sebab, perubahan suhu memungkinkan kondisi tersebut rentan terjadi.

"Jika ASIP sudah cair, lalu dibekukan lagi, sebenarnya enggak ada bahayanya tapi kandungan gizi juga mungkin hilang sebagian. Atau bisa juga bayinya yang menolak diberi ASIP itu," kata dia.

Meski begitu, Nia memaparkan untuk membekukan kembali masih bisa dilakukan selama masih ada titik-titik es batu di dalam ASIP. ASIP tersebut juga aman untuk bisa dikonsumsi oleh bayi.

"Selama masih ada titik-titik beku di dalam ASIP, maka sebenarnya aman untuk dibekukan kembali dan dikonsumsi," jelasnya. (nda)