Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 5 Agustus 2019 | 13:41 WIB

ASIP Cair Karena Listrik Padam Boleh Diminum, Asal..

Team VIVA »
Adinda Permatasari
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • Pixabay/Ben_krckx
Ilustrasi bayi minum dari botol susu.

VIVA – Pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jabodetabek berdampak pada banyak kerugian. Salah satunya pada stok ASIP oleh para ibu menyusui yang sudah terlanjur mencair.

Pemadaman yang terjadi hingga berjam-jam tentu membuat suhu di pendingin ruangan meningkat. Hal ini membuat ASIP beku rentan mencair dan tak dapat dibekukan kembali.

Baca Juga

"ASIP terlanjur cair jangan dibekukan lagi. Memang tidak ada bahayanya, tapi kandungan gizi mungkin menurun serta risiko kontaminasi kuman bisa timbul," ujar Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI) Nia Umar, kepada VIVA, Senin 5 Agustus 2019.

Menurutnya, saat ASIP sudah terlanjur cair, boleh segera diberikan pada bayi. Sebab, ASIP yang sudah terlanjur mencair hanya dapat bertahan hingga 3 hari di dalam lemari pendingin (bukan freezer).

Terpopuler

"Harus segera diminum. Kalau sudah tidak ada lagi kristal es batunya, harus dihabiskan dalam waktu 3 hari agar tidak basi," kata dia.

Jika melebihi waktu 3 hari, maka ASIP tersebut sudah tidak aman dikonsumsi si kecil. Namun, Nia tetap menganjurkan agar para ibu tak lupa menyusui langsung buah hatinya. 

"Jangan sampai fokus habiskan ASIP cair, malah lupa dengan menyusui langsung anaknya. Kalau sudah basi, ya sudah, biarkan saja dan tetap susui langsung dari payudara ibu," jelasnya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Warga Sebut Ada Ledakan di Bawah Jaringan SUTET
TVONE NEWS - 19 hari lalu