Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 6 Agustus 2019 | 21:18 WIB

Gizi Tepat untuk Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Team VIVA »
Rochimawati
Diza Liane Sahputri
Foto :
  • U-Report
Ibu hamil berpuasa sebulan penuh.

VIVA – Tulang dan gigi berperan penting dalam masa kehamilan agar ibu bisa tetap kuat menahan beban tubuh serta memberi asupan gizi untuk janin. Namun, menjaga kesehatan tulang dan gigi memerlukan sumber nutrisi yang tepat pada ibu hamil.

Jika ibu hamil mengalami masalah pada giginya, tentu menghambat pemberian nutrisi untuk janin. Untuk itu, sumber nutrisi yang tepat perlu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menunjang kesehatan giginya.

Baca Juga

"Kalau ada masalah di gigi artinya ada asupan gizi yang harus terpenuhi. Dari asupan gizi minimal satu setengah cup nasi atau sereal buat karbohidrat, lalu daging apapun 100 gram, atau telur dua, sayuran harus ada satu cup dan buah dua kali sehari," kata Konselor Laktasi RS Pertamina, dr. Annisa Oktantiani, MPH., dalam acara temu media Mama's Choice, di Jakarta, Selasa 6 Agustus 2019.

Selain itu, sumber kalsiumnya juga diperlukan dari susu atau olahannya. Hal ini agar makin memperkuat kesehatan gigi yang memang sudah sehat maupun sedang bermasalah.

Terpopuler

"Kalsium dari susu dua kali 500 cc per hari atau dari keju. Kalau mengganggu banget, sakit gigi sampai ganggu makan ya harus diperiksa," ujar dia.

Selain dari sumber gizi, rutin membersihkan gigi juga diperlukan untuk membuat permasalahan gigi teratasi. Cara ini juga bisa untuk mencegah masalah gigi yang bisa menghambat nutrisi janin di masa kehamilan.

"Enggak hamil aja saat keadaan normal emang harus periksa gigi enam bulan sekali. Disarankan minimal dua hingga tiga kali menyikat gigi karena semakin lama kotoran di gigi menempel bisa bikin gigi karies," tuturnya. [mus]

Topik Terkait
Saksikan Juga
20 Capim KPK Jalani Tes Medis di RSPAD Gatot Subroto
TVONE NEWS - 7 menit lalu